Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Nisfu Syaban

Pada malam Nisfu Syaban umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah, salah satunya bisa dengan membaca surat Yasin. Berikut keutamaan membaca surat Yasin.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Malam Nisfu Syaban tahun ini jatuh pada Jumat (18/3/2022) besok. Untuk menyambutnya, umat Islam pun dianjurkan memperbanyak ibadah.

Di samping memperbanyak zikir, bisa pula dengan membaca surat Yasin. Dalam laman NU Online, surat Yasin tersebut dianjurkan dibaca tiga kali.

Adapun yang pertama guna memohon dipanjangkan usianya. Kedua, untuk memohon diluaskan rezekinya. Lalu, ketiga ialah untuk memohon dikuatkan iman Islamnya.

Sejumlah hadis tentang keutamaan malam Nisfu Syaban menunjukkan bahwa memang malam itu benar-benar memiliki keutamaan. Adapun membaca Surat Yasin setelah maghrib pada malam Nisfu Syaban, dilanjutkan dengan doa yang masyhur, maka itu termasuk urutan yang dibuat oleh para ulama ahli kebaikan untuk diri mereka sendiri. Hal itu tidaklah bermasalah.” (Muhammad bin Muhammad Darwisy as-Syafi’i dalam kitab Asna al-Mathalib fi Ahadits Mukhtalifat al-Maratib)

Nah, lalu apa keutamaan dari membaca surat Yasin ini sendiri?

Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Tirmidzi dikatakan bahwa barang siapa membaca surat Yasin:

1. Akan diampuni dosanya oleh Allah SWT,
2. Diberikan petunjuk dan kemudahan oleh Allah SWT,
3. Setara membaca Alquran 10 kali.

Setiap sesuatu mempunyai hati. Adapun hati Alquran adalah Yasin. Maka barang siapa yang membaca Yasin, maka Allah menulis baginya [pahala] membaca Alquran 10 kali, selain Yasin.” (HR Tirmidzi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper