Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Setujui Desain Istana Kepresidenan IKN Baru Milik Nyoman Nuarta, Ini Gambarnya

Nyoman diketahui menjadi salah satu pemenang sayembara Istana Garuda Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 06 Januari 2022  |  10:28 WIB
Pemrakarsa Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Nyoman Nuarta berfoto dengan latar belakang Patung GWK di Ungasan, Badung, Bali, Selasa (31/7/2018). - ANTARA/Fikri Yusuf
Pemrakarsa Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) Nyoman Nuarta berfoto dengan latar belakang Patung GWK di Ungasan, Badung, Bali, Selasa (31/7/2018). - ANTARA/Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo akhirnya menyetujui desain Istana Kepresidenan untuk Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur. Hal tersebut terungkap dalam postingan Instagram Nyoman Nuarta, Rabu (6/1/2022). 

"Waduh saya harus bilang apa ya dengan dukungan Anda-Anda yg luar biasa kecuali saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana Negara yang unik indah nyaman beda dengan istana-istana yang ada didunia, dan bisa menjadii ikon, dengan demikian pariwisata akan berkembang pesat," paparnya di laman Instagram miliknya @nyoman_nuarta.

Nyoman diketahui menjadi salah satu pemenang sayembara Istana Garuda Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

Sebelumnya, desain burung Garuda di Istana Negara di Ibu Kota Baru viral di media sosial. Banyak pihak melayangkan kritik karena karya Nyoman Nuarta berbeda 180 derajat dengan desain arsitek yang memenangkan sayembara IKN tahun lalu. Asosiasi arsitek juga menolak ide tersebut karena bangunan simbol negara tidak boleh dibangun oleh pematung.  

Nyoman Nuarta pun angkat bicara terkait pro-kontra desain Istana Negara buatannya. Menurutnya, desain Istana Negara berlambang burung Garuda diselesaikan hanya dalam tempo 12 hari.

Keterlibatan Nuarta dalam sayembara istana negara di Ibu Kota baru ini bermula saat Kementerian PUPR mengundangnya bersama 20 orang arsitek lainnya. Namun, hanya lima orang yang hadir untuk mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan sayembara di Kawasan Inti Pusat Pemerintah IKN. 

Kemudian, lima orang arsitek tersebut diberikan waktu 12 hari untuk menyelesaikan 12 desain IKN seperti istana, Gedung DPR, kantor Kementerian, tempat ibadah dan bangunan lainnya. Selanjutnya dipresentasikan kembali dalam bentuk video pendek. 

"Saat presentasi, saya melihat yang peserta lain tidak rampung, hanya pre-desain saya yang rampung dan paling siap," tuturnya kepada Bisnis, Selasa, (30/3/2021).

Tahun 2019, Kementerian PUPR telah mengantongi pemenanga sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) dan telah mengumumkannya pada hari ini Senin (23/12/2019) yakni Pemenang Terbaik ke-I, ke-II, dan ke-III, serta Pemenang Harapan ke I dan ke-II. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono saat itu mengatakan sebelum pengumuman pemenang hari ini, kelima karya tersebut telah dipresentasikan di hadapan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada Jumat, 20 Desember 2019 lalu dan mendapat apresiasi positif dari Bapak Presiden. 

Basoeki melanjutkan proses yang baru saja tuntas adalah sebuah sayembara pada tingkat gagasan, yang masih harus ditindaklanjuti menjadi suatu desain kawasan yang representatif untuk sebuah IKN yang baru. Untuk itu, lanjut dia, ada beberapa rencana aksi yang memerlukan dukungan dari semua pihak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi nyoman istana presiden IKN
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top