Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Nyoman Nuarta: Seniman yang Desain Istana Negara di Ibu Kota Baru

Nyoman Nuarta mengklaim telah memenangkan sayembara desain istana negara untuk Ibu Kota Baru. Siapa sebenarnya Nyoman Nuarta?
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 31 Maret 2021  |  11:28 WIB
Seniman sekaligus pematung asal Bali Nyoman Nuarta  -  Instagram @nyoman_nuarta
Seniman sekaligus pematung asal Bali Nyoman Nuarta - Instagram @nyoman_nuarta

Bisnis.com, JAKARTA – Nama seniman Nyoman Nuarta menjadi perbincangan dimasyarakat setelah viralnya desain istana negara bergambar burung Garuda di Iu Kota Negara (IKN).

Melalui akun Instagram @nyoman_nuarta, Pematung asal Bali tersebut mengklaim dia telah memenangkan sayembara desain istana negara untuk Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur yang digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Terpilih disain ISTANA NEGARA, di IKN (IBUKOTA NEGARA) Kaltim, Karya saya, melalui sayembara yg diadakan oleh PUPR," tulis akun IG @nyoman_nuarta seperti dikutip, Selasa (31/3/2021).

Tak lupa, dia juga mengunggah video singkat berdurasi sekitar 4 menit itu diawali dengan teks judul "Konsep Desain Istana Negara" bertuliskan, Bandung, 26 Maret 2021. Di bagian bawah video tertulis I Nyoman Nuarta. Dalam video tersebut terlihat desain istana negara yang menyerupai burung Garuda dengan sayap membentang.

“Terimakasih semua kita sedang mempersiapkan prarencana 1 bln terimakasih doanya semoga lancar” ucao Nyoman Nuarta.

Lalu, siapakah I Nyoman Nuarta?

I Nyoman Nuarta sendiri lahir di Tabanan 14 November 1951. Pria berusia 69 tahun tersebut sudah hampir 45 tahun menggeluti bidang seni, khususnya seni patung. Nyoman Nuarta merupakan seorang maestro pematung Indonesia dan juga merupakan salah satu orang yang melepori Gerakan Seni Rupa Baru, seperti dikutip dari situs resmi miliknya www.nuarta.com

Sejak kecil, Nyoman selalu didukung penuh untuk selalu berkarya dan itulah yang menimbulkan semangat serta membuat Nyoman menjadi maestro pematung saat ini.

Pada 1973, Nyoman memasuki dunia perkuliahan. Awalnya Nyoman mengambil seni lukis, tetapi pada tahun kedua dia berpindah ke jurusan seni patung.

Selama 45 tahun berkarya, Nyoman Nuarta sudah banyak membuat karya karyanya dibidang seni patung. Namun, karya yang paling terkenal dari Nyoman Nuarata adalah Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang berada di Bali. Selain patung GWK, Mahakarya dari Nyoman Nuarta adalah Patung Jalesveva Jayamahe, patung yang berada di dermaga ujung Madura, Surabaya.

Nyoman merupakan salah satau pematung yang terkenal di Indonesia. Sudah banyak penghargan yang beliau teriman. Total ada sekitar 12 penghargaan bergengsi yang sudah didapat selama berkarier sebagai seniman.

Dengan terpilihnya Desain Burung Garuda untuk Ibu Kota baru ini akan menambah daftar mahakarya yang telah dibuat oleh Nyoman Nuarta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

istana negara ibu kota negara
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top