Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Sampaikan Duka Mendalam atas Bencana Erupsi Gunung Semeru

Jokowi meminta jajarannya responsif untuk segera mencari dan menemukan korban, serta memberikan perawatan kepada yang luka-luka akibat erupsi Gunung Merapi.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 05 Desember 2021  |  16:36 WIB
Presiden Joko Widodo  - Youtube: Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo - Youtube: Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan kementerian/lembaga terkait melakukan tindakan cepat dalam menangani dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

“Setelah mendapatkan laporan tentang erupsi Gunung Semeru kemarin, saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk melakukan langkah tanggap darurat selekas mungkin di lokasi bencana,” tulis Jokowi dikutip melalui akun instagram @jokowi, Minggu (5/12/2021).

Jokowi meminta jajarannya responsif untuk segera mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana.

“[Dibutuhkan juga] bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Dia turut menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka akibat bencana erupsi Gunung Semeru.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua,” kata Jokowi.

Diketahui, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore. Material vulkanik yang terpantau pukul 15.20 WIB mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Akibatnya, warga yang terkena dampak letusan harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Meskipun demikian, terdapat beberapa orang yang meninggal dunia dan hilang akibat peristiwa ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi erupsi gunung meletus Gunung Semeru
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top