Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Ayat Kursi Lengkap dengan Arti dan Keutamaannya

Ayat kursi adalah bagian dari surat Al-Baqarah ayat 255. Berikut bacaan ayat kursi dalam latin beserta arti dan keutamaannya.
Ilustrasi/Pexels.com
Ilustrasi/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Ayat kursi mempunyai kedudukan yang istimewa dalam Alquran. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bacaan ayat kursi.

Adapun keagungan ayat kuris itu sendiri tertuang dalam hadis riwayat Tirmidzi yang berbunyi sebagai berikut:

"Seperti diceritakan Abdullah bin Mas'ud: 'Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi [karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah].' Sufyan ats-Tsauri berkata, 'Sebab ayat kursi merupakan [salah satu] kalamullah [perkataan Allah], sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi'."

Lebih lanjut, Syaifurrahman El-Fati dalam bukunya yang bertajuk Manfaat Dahsyat Dzikir Asmaul Husna pun menuliskan bahwa saat ayat tersebut diturunkan, ribuan malaikat diketahui turut mengiringi penurunannya.

Sementara itu, umumnya ayat kursi ini dibaca setiap selesai salat atau saat akan tidur. Mereka yang membacanya niscaya akan terjaga dari kejahatan dan hal-hal gaib yang mencelakakan.

Bacaan latin ayat kursi:
Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la huu maa fissamaawaati wamaa fil ardh, man dzalladzi yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya'lamu maa baina aidiihim wamaa khalfahum, wa laa yuhithuuna bisyay in min ‘ilmi Hii illa bimaa syaa’, wa si’a kursiyyuhus samaawaati wal ardhi, walaa ya uudu huu hifzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim.

Artinya:
Allah, tidak ada Tuhan [yang berhak disembah] melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus [makhluk-Nya]; tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper