Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sudi Silalahi Meninggal Dunia, Sejumlah Tokoh Ucapkan Belasungkawa

Sejumlah tokoh menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Mensesneg era Presiden SBY, Sudi Silalahi pada Senin (25/10) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 Oktober 2021  |  09:49 WIB
Sudi Silalahi / Antara
Sudi Silalahi / Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah tokoh menyampaikan belasungkawa atas kepergian Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia periode 2009-2014 Sudi Silalahi yang meninggal dunia, pada Senin (25/10) pukul 23.50 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan ucapan belasungkawanya melalui akun Twitter @mohmahfudmd

Inna lillah wa inna ilaihi raji’un. Allah SWT telah memanggil Sudi Silalahi ke haribaan-Nya Senin malam (25/10/2021),” tulisnya lewat akun Twitter @mohmahfudmd, Selasa (26/10/2021).

Mahfud mengenang Sudi Silalahi sebagai sosok yang dianggap sebagai sahabat baiknya.

“Semoga husnul khatimah. Almarhum adalah teman baik saya sejak menjadi Pangdam V di Jatim, kemudian Sesmenko Polhukam, Seskab, dan Mensesneg. Almarhum adalah sahabat yang baik,” ujarnya.

Selain itu, Sekretaris Kabinet Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu II Dipo Alam turut menuliskan ucapan duka cita lewat akun Twitter @dipoalam49

Innalillahi Wainna illaihi roji'un, kami sekeluarga turut berduka cita dan belasungkawa sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi jam 23.50 di RSPAD,” tulisnya.

Dipo mengatakan Sudi adalah sosok yang baik, ramah, penuh perhatian dan sangat bersahabat.

"Kiranya Allah SWT akan memberi tempat terbaik disisiNya bagi pak Sudi. Aamiin," ujarnya.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) sekaligus pakar hukum Yusril Ihza Mahendra juga menyampaikan ucapan berduka cita lewat akun Twitter @Yusrilihza_Mhd.

“Telah berpulang ke hadirat Allah SWT Letjen Purn TNI Sudi Silalahi di RSPAD dibihari tadi. Beliau mantan Sekretaris Kabinet dan mantan Mensesneg. Semoga segala kebajikannya diterima Allah SWT dan segala kekhilafannya diampuni. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu 'anhu,” tulisnya.

Dia juga menuliskan dirinya sempat bertemu dengan Sudi Silalahi dua tahun yang lalu dan mengenal sosoknya sebagai seorang yang ramah.

“Almarhum Sudi Silalahi adalah seorang yang ramah dengan sesama manusia dan taat beribadah kepada Allah SWT. Selama pandemi ini saya tidak pernah berjumpa dengan beliau sampai mendapat kabar duka pagi ini. Terakhir berjumpa beliau sekitar 2 tahun tahun yang lalu,” tulisnya.

Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid turut menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Menteri Sekretaris Negara Era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Sudi Silalahi.

“Innaalillahiwainnaailaihi rajiun. Turut berdukacita atas wafatnya Bapak Letjend (purn) Sudi Silalahi,” tulisnya.

Tidak lupa, Wakil Ketua MPR tersebut juga memberikan kalimat doa.

“Semoga Allah karuniakan husnul khatimah. Diterima amal baktinya jadi ibadah, diampuni khilaf dan salah dan diterima Allah di sisiNya yang terbaik, al-Jannah. Lahu al-Fatihah. Amin,” tuturnya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan turut menyampaikan ucapan duka cita melalui akun Twitter pribadinya @ZUL_Hasan

“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Dini hari ini saya dikejutkan oleh berita meninggalnya sahabat baik, kolega, dan teman seperjuangan saya, Letnan Jendral TNI (Purn) Sudi Silalahi. Semoga Allah ampuni beliau dan tempatkan di sisiNya yang terbaik,” katanya.

Dia menuliskan, sosok Sudi adalah orang yang penuh persahabatan, perhatian dan rendah hati, dengan dedikasi yang tak perlu diragukan lagi untuk NKRI.

“Semua patut merasa kehilangan atas kepergian beliau pukul 23.50 semalam di RSPAD. Kita doakan beliau husnul khotimah. Kepergian Pak Sudi ini bagi saya seolah tiba-tiba, tanpa kabar sakit sebelumnya,” tulisnya.

Adapun, kabar duka kepergian Sudi Silalahi sebelumnya disampaikan langsung oleh istri dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan lewat postingan yang diunggan di akun Twitter pribadinya @AnnisaPohan.

“Innalillahi Wainna illaihi Roji'un turut Berduka Cita atas wafatnya Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi ‘Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fuanhu’. Semoga husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” kata Annisa, pada Selasa (26/10/2021).

Sekadar informasi, Sudi Silalahi merupakan Menteri Sekretaris Negara di periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dikutip melalui situs Kepustakaan Presiden Perpustakaan Nasional, Selasa (26/10/2021), Sudi Silalahi lahir pada 13 Juli 1949 di Pematang Siantar.

Dirinya menekuni profesi tentara ddan mengakhiri karir militer dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) lulusan Akademi Milter pada 1972.

Sudi Silalahi sempat memegang sejumlah jabatan penting selama berkarir di dunia militer, yaitu sebagai Wakil Assospol Kasospol ABRI pada 1996-1997, Kepala Staf Kodam Jaya pada 1998, Askomsos Kaster ABRI sejak Oktober 1998, Pangdam V Brawijaya Surabaya pada 1999.

Dirinya mengawali karier di pemerintahan kala menjadi sekretaris SBY saat menjabat Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris.

SBY selanjutnya menunjuk Sudi Silalahi sebagai Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Indonesia Bersatu 2004-2009. Kemudian, ditunjuk sebagai Menteri Sekretaris Negara pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2014.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby sudi silalahi mensesneg
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top