Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemendagri Pastikan Pemilu Serentak 2024, Ini Jadwal Pilpres, Pileg dan Pilkada

Hingga hari ini kebijakan pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu bahwa tidak ada perubahan peraturan.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 September 2021  |  09:15 WIB
Kemendagri Pastikan Pemilu Serentak 2024, Ini Jadwal Pilpres, Pileg dan Pilkada
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar - Antara\\n \\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar mengatakan, bahwa pemilu serentak akan dilakukan pada 2024.

Dengan waktu yang tersisa 3 tahun lalu, dipastikan persiapannya lebih matang.

“Mulai perangkat hukum sudah jelas. Konstitusi jelas bahwa pemilu dilakukan lima tahun sekali. Hingga hari ini kebijakan pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilu bahwa tidak ada perubahan pengaturan,” katanya melalui diskusi virtual, Kamis (2/9/2021).

Bahtiar menjelaskan, bahwa simulasi sudah dilakukan penyelenggara pemilu. Berdasarkan hasil kesepakatan sebelumnya, pileg dan pilpres dilakukan pada Rabu, (28/2/2024). Sedangkan pilkada Rabu (27/10/2024).

Harapannya, dengan adanya pemilu serentak, negara bisa membangun sistem politik yang demokratis karena sudah terkonsolidasi.

Selama ini, sebelum tahun 2015, pemilu hampir ada setiap hari mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional. Memang pelaksanaannya di daerah, tapi yang memutuskan para calon adalah pimpinan partai pusat.

Tidak heran, tambah Bahtiar, meski persaingannya di daerah pembelahan politiknya hingga pusat. Oleh karena itu, pola seperti ini dibenahi.

Salah satu tujuannya adalah selain memperbaiki kesalahan manajemen politik, tapi juga pembangunan nasional. Sebelum pemilu serentak, tidak terintegrasi karena pemerintah pusat dan daerah terpilih berbeda waktu.

Akhirnya, rencana pembanguan jangka menengah nasional (RPJMN) dan rencana pembanguan jangka menengah daerah (RPJMN) paling efektif saling berkaitan selama dua tahun akibat beda masa kepemimpinan.

“Cukup rakyat ini disibukkan hal seperti ini 5 tahun sekali. Jadi pemilu serentak pada 2024 bisa dilaksanakan dengan baik dan ketemu lagi 2029. Begitu seterusnya,” terang Bahtiar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemendagri Pilpres 2024 Pemilu 2024 Pileg 2024 Pilkada Serentak 2024
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top