Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Revisi UU Pemilu, PAN: Belum Tentu Menjadi Lebih Baik

PAN menilai hal yang ramai dibicarakan dalam revisi UU Pemilu tidak membicarakan substansi yang penting.
Zulkifli Hasan/Bisnis.com-Samdysara Saragih
Zulkifli Hasan/Bisnis.com-Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA -  Revisi undang-undang pemilu sedang menjadi isu di kalangan politisi. Meski demikian, Partai Amanat Nasional mengingatkan bahwa revisi tersebut tidak menjamin menghasilkan hal yang lebih baik.

Menurut Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan partainya menolak pembahasan revisi UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang saat ini sedang proses harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

"Kami menilai revisi UU Pemilu belum tentu akan lebih baik karena itu sebaiknya tidak membahas itu," kata Zulkifli usai Rapat Konsolidasi DPP PAN dengan Fraksi PAN DPR RI, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Zulhas, demikian sapaan populernya, menilai lebih baik saat ini energi bangsa Indonesia difokuskan untuk menyelesaikan persoalan yang lebih krusial, misalnya pandemik Covid-19 dengan jumlah kasus yang mengalami peningkatan signifikan.

Menurut dia, terkait masalah ekonomi juga menjadi persoalan harus yang diatasi khususnya dampak pandemik menyebabkan kondisi ekonomi masyarakat tidak baik.

"Lalu masalah persaudaraan bangsa yang mulai goyah, dari proses Pemilu Presiden (Pilpres) lalu hingga sekarang, bahkan melahirkan istilah 'cebong-kampret'. Kita perlu kebersamaan untuk merajut kembali Merah-Putih," ujarnya.

Zulhas menilai UU Pemilu yang ada saat ini dirancang untuk 4-5 kali pelaksanaan Pemilu dan proses penyusunannya dilakukan berbulan-bulan.

Ia menegaskan bahwa sikap PAN sudah berdasarkan kajian yang komprehensif sehingga disimpulkan belum tentu revisi UU Pemilu menghasilkan produk legislasi yang lebih baik.

"Hal yang ramai dibicarakan dalam revisi UU Pemilu tidak membicarakan substansi yang penting, misalnya, yang ramai dibahas seperti ambang batas parlemen naik, mantan anggota HTI dan FPI apakah boleh mencalonkan diri atau tidak," tutur dia.

Hadir dalam Rapat Konsolidasi DPP PAN dengan Fraksi PAN DPR RI antara lain Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN Sutrisno Bachir, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Sekretaris Fraksi PAN DPR RI Eko Hendro Purnomo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper