Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesan Retno Marsudi di Hari Raja Belanda, Bahas Kerjasama Ekonomi dan Soal Palestina

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan ucapan selamat atas perayaan Hari Raja Belanda.
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan ucapan selamat atas perayaan Hari Raja atau Koningsdag kepada Rakyat dan Kerajaan Belanda. Ia menuturkan mengenai kerja sama kedua negara dan mengenai Palestina

Adapun, Retno yang baru saja kembali dari kunjungan di Vietnam, mewakilkan pemerintah Indonesia untuk menyampaikan ucapan selamat tersebut. Kehadirannya juga merupakan wujud komitmen Indonesia untuk mempererat hubungan dan kerja sama dengan Belanda. 

"Saya disini pada hari ini, malam ini, malam ini mewakili Pemerintah Indonesia untuk menyampaikan ucapan selamat yang terhangat atas perayaan Hari Raja atau Koningsdag kepada Rakyat dan Kerajaan Belanda," terangnya di Erasmus Huis Jakarta, Kamis malam (26/4/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Retno bercerita bahwa ia telah bertugas dua kali di Den Haag. Anak-anaknya juga belajar di sekolah Internasional Den Haag dan sang suami merupakan seorang arsitek yang lulus dari Universitas Delft. 

Tahun lalu, Retno juga menerima Menteri Luar Negeri Hanke ke Jakarta dan menyepakati Rencana Aksi Kemitraan Komprehensif untuk merevitalisasi kerja sama kita di berbagai sektor.

"Hari ini saya diberitakan bahwa Komisi Campuran Kerja Sama Ekonomi Bilateral diadakan di Jakarta sebagai salah satu tindak lanjut dari Rencana Aksi tersebut," jelasnya. 

Dijelaskan bahwa inti hubungan bilateral kedua negara merupakan isu-isu terkait pengelolaan air, transisi energi, ekonomi hijau, infrastruktur berkelanjutan. Hubungan bilateral yang baik juga perlu di bawa ke kancah internasional untuk memperkuat multilateralisme, menegakkan keadilan, kemanusiaan, dan menjunjung hukum internasional secara konsisten. 

Dia juga menegaskan kembali pesan dalam kunjungan terakhir ke Den Haag pada Februari 2024, dengan meyakini Belanda akan selalu membela keadilan dan kemanusiaan, termasuk untuk Rakyat Palestina.

Di akhir pidato, Retno berharap bahwa kemitraan kedua negara dapat membawa kemakmuran dan kebahagiaan yang lebih besar, bagi masyarakat Indonesia, Belanda, dan dunia. 

"Sekali lagi, ucapan selamat kami yang tulus atas kesempatan yang penuh kegembiraan ini. Demi kesehatan Yang Mulia Raja Belanda dan semoga kemitraan yang lebih erat antara Indonesia dan Belanda," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper