Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gerindra Sebut UU Pemilu Tak Perlu Direvisi, Ini Alasannya

Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sebaiknya dipersiapkan sejak sekarang supaya kualitas demokrasi bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 31 Januari 2021  |  17:37 WIB
Ahmad Muzani - Antara
Ahmad Muzani - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Gerindra mengusulkan agar Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) dipertahankan alias tidak direvisi.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani menyebutkan daripada mengubah UU Pemilu, sebaiknya Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dipersiapkan sejak sekarang supaya kualitas demokrasi bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya.

"Saat ini perdebatan nya adalah apakah kita akan membahas mengenai RUU Pemilihan Umum yang baru atau tetap mempertahankan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Umum yang didalamnya termasuk pemilihan presiden," ujar Ahmad Muzani dalam keterangan resminya, Minggu (31/1/2021).

Muzani mengungkapkan dalam sejarah, sejak dilaksanakan pemilu pasca reformasi 1999, Indonesia selalu mengalami perubahan tentang sistem pemilu setiap lima tahun berikutnya.

Perubahan itu mencakup sistem penghitungan suara, sistem pemilu apakah akan terbuka atau tertutup, threshold yang selalu naik, sampai konversi suara menjadi kursi, dan dapil yang juga selalu bertambah.

"Ini yang menyebabkan pola pemilu tidak pernah ajeg dan tidak bisa dilakukan perbaikan kualitas nya karena sistem nya selalu berubah. Partai politik selalu menyesuaikan dengan UU yang baru setiap lima tahun," tambah Ahmad Muzani.

Padahal menurut Muzani, demokrasi di Indonesia perlu mendapatkan sebuah penyempurnaan atas sistem pemilu kepada sistem pemilu yang lain. Ujian itu pada aturan main dalam UU Pemilu. 

"Gerindra berpikir agar UU Pemilu Nomor 10 Tahun 2016 yang menjadi landasan  pemilu di 2019 sebaiknya tetap dipertahankan," ungkap Ahmad Muzani.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu gerindra Pemilu 2019
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top