Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ITB Bentuk Program Penggalangan Dana untuk Peningkatan Kualitas dan Aset

Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (MWA-ITB) , Rektorat ITB , Ikatan Alumni ITB , meresmikan Salam Ganesha Fundraising Program, penggalangan Endowment Fund ITB , dengan menargetkan dana terkumpul Rp.1 Triliun di usia ITB yang ke-100 tahun di 2020 mendatang.

Bisnis.com, JAKARTA - Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung  (MWA-ITB) , Rektorat ITB , Ikatan Alumni ITB , meresmikan Salam Ganesha Fundraising Program, penggalangan  Endowment Fund ITB , dengan menargetkan dana terkumpul Rp.1 Triliun di usia ITB yang ke-100 tahun di 2020 mendatang.

Salam Ganesha yang dikelola langsung oleh Badan Pengelola Usaha dan Dana Lestari (BPUDL ITB) dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas aset dan potensi ITB dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan nasional.

“Salam Ganesha diprakarsai oleh para alumni muda ITB , untuk mengajak seluruh alumni ITB berdonasi melalui _endowment fund_ ITB , berbakti pada Almamater ITB, yg sdh memberikan pendidikan terbaik. Jadi seperti kata-kata salam Ganesha yakni untuk Tuhan, bangsa dan almamater," tutur Yani Panigoro, selaku Ketua MWA-ITB.

Dana ini, lanjut Yani, akan digunakan untuk kesejahteraan civitas academica ITB , beasiswa, penelitian, dan sebagainya. Inisiasinya dari tahun 2004, dimana dulu yang menyumbang Endowment Fund  ITB , hanya sebagian kecil para pengusaha alumni ITB. Kini saatnya kita mensosialisasikan ke seluruh alumni muda.

Achmad Zaky, selaku anggota MWA-ITB menyampaikan, bahwa Salam Ganesha akan merekrut relawan yang berasal dari seluruh angkatan untuk kemudian dikomunikasikan ke seluruh alumni ITB, dengan harapan _fundraising_-nya akan terus berjalan sesuai dengan yang diinginkan dan target. "Salam Ganesha merupakan gerakan resmi bukan gerakan independen yang dibuat alumni. Kalau ada teman-teman yang masih bertanya, ini resmi melalui ITB. Dananya insya Allah amanah. Harapannya akan banyak awareness mengenai  endowment fund, karena pendanaannya berasal dari alumni," katanya. 

Penggunaan dana tersebut, kata Zaky, akan dikelola secara profesional, dimana dirinya menilai program ini serupa dengan wakaf. Dana ini tidak akan berkurang diletakkan dalam suatu rekening resmi ITB.

Dengan program tersebut, lanjut Zaky, diharapkan ITB akan semakin maju, temuan-temuan yang akan berkembang jadi startup unicorn sehingga kesejahteraan di Indonesia akan lebih luar biasa. Karena ITB sebagai institusi riset harus melahirkan penemuan-penemuan yang bisa diaplikasikan seluruh masyarakat Indonesia. Dia juga mengatakan bahwa mekanisme dari donasi hingga pengelolaan Salam Ganesha ini dibangun menggunakan teknologi digital, dan semuanya bisa diamati secara transparan.

"Kita menggunakan teknologi digital dengan platform untuk endowment fund. Ini akan terus dikembangkan dan di update dimana informasi penggunaan dana abadi secara transparansi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper