DPR dan Senat AS Capai Kesepakatan Soal Pendanaan Tembok Pembatas

Negosiator anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat Amerika Serikat mengaku sudah mencapai kesepakatan dasar mengenai pendanaan tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko demi menghindari penutupan pemerintahan (government shutdown).
John Andhi Oktaveri | 12 Februari 2019 11:37 WIB
Para imigran menyeberangi sungai di dekat royek pembangunan tembok perbatasan antar El Paso dan Ciudad Juarez, di wilayah Meksiko, Selasa 5 Februari 2019. - Reuers/Jose Luis Gonzalez

Bisnis.com, JAKARTA -- Negosiator anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat Amerika Serikat mengaku sudah mencapai kesepakatan dasar mengenai pendanaan tembok di sepanjang perbatasan dengan Meksiko demi menghindari penutupan pemerintahan (government shutdown).
 
Senator dari Partai Republik Richard Shelby dan anggota DPR dari Partai Demokrat Nita Lowey mengatakan bahwa kesepakatan itu tercapai pada Senin (11/2/2019) malam. Shelby menuturkan Gedung Putih diharapkan menerima kesepakatan tersebut, sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (12/2). 

"Kami sudah mencapai kesepakatan secara prinsip," lanjutnya.

Kesepakatan yang dimaksud adalah pembiayaan program pengamanan di perbatasan hingga 30 September 2019. Shelby menambahkan diharapkan kesepakatan yang lebih komprehensif dapat tercapai pada Rabu (13/2).

Sebelumnya, Partai Republik terus memperjuangkan permintaan Presiden AS Donald Trump agar Kongres mengucurkan dana US$5,7 miliar untuk membangun tembok di perbatasan dengan Meksiko.
 
Permintaan yang dianggap terlalu besar oleh kubu Demokrat itu sempat membuat Kongres tak menyepakati rancangan anggaran sehingga pemerintahan AS harus tutup selama lebih dari 30 hari, sekaligus menjadi yang terlama dalam sejarah AS.
 
Trump akhirnya sepakat membuka sementara pemerintahan hingga 15 Februari 2019 dengan jaminan Kongres akan membahas pendanaan tembok tersebut.

Tag : amerika serikat, kebijakan imigrasi trump
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top