Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia ingin Tambah Pasukan Perdamaian Perempuan

Data PBB memperlihatkan kontribusi pasukan perempuan dalam operasi perdamaian daerah konflik hanya mencapai 3%
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 13 Desember 2018  |  15:19 WIB
Loading the player ...
Kontingen Garuda 2017/2018 Siap Mengemban Misi Perdamaian Di Lebanon. Video koleksi KBRI Libanon di Youtube tanggal 16 Desember 2017.

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia mengatakan Indonesia berencana untuk menambah jumlah pasukan perempuan untuk misi perdamaian di daerah konflik.

Selain sebagai wujud komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, rencana tersebut dilatarbelakangi pula oleh jumlah komposisi perempuan dalam pasukan perdamaian yang hanya mencapai 3% secara global.

"Indonesia adalah salah satu kontributor terbesar pasukan perdamaian dunia. Yang sedang saya perjuangkan adalah kenaikan jumlah pasukan perdamaian perempuan," kata Retno, di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Retno juga memaparkan bahwa perempuan merupakan agen perdamaian yang sangat dibutuhkan mengingat sebagian besar korban konflik adalah anak-anak dan perempuan.

"Pasukan perdamaian perempuan bisa membantu proses penyembuhan korban konflik yang kebanyakan perempuan dan anak-anak karena akan lebih nyaman," jelas Retno.

Penambahan jumlah pasukan perempuan selaras pula dengan Resolusi Dewan Keamanan PBB 1325 yang mendorong partisipasi yang adil bagi perempuan di segala sektor operasi perdamaian. Resolusi tersebut juga memperkuat kebijakan kesetaraan gender yang digaungkan oleh Departemen Operasi Perdamaian dan Bantuan Lapangan.

Hingga Oktober 2018, jumlah anggota militer dan kepolisian Indonesia yang berpartisipasi dalam operasi perdamaian mencapai 2.700 orang. Angka tersebut menjadikan Indonesia berada di atas China yang pada saat bersamaan mengirim 2.500 personil.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasukan perdamaian Kontingen Garuda
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top