Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2 Universitas Favorit di Australia Akan Buka Kampus di Indonesia

Monesh University dan Royal Melbourne Institute Technology (RMIT) kemungkinan akan membangun kampus mereka di Indonesia.
Kampus Monash University/Istimewa
Kampus Monash University/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Monash University dan Royal Melbourne Institute Technology (RMIT) kemungkinan akan membangun kampus mereka di Indonesia.

Hal tersebut berkaitan dengan diizinkan Perguruan Tinggi asing untuk beroperasi di Indonesia sesuai dengan ditandatanganinya perjanjian General Agreement on Trade in Services [GATS] tahun 2004.

"Jadi beberapa universitas di Australia, mungkin yang diprioritaskan beroperasi di Indonesia pada tahun-tahun pertama," ungkap Patdono Suwignjo Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi saat dihubungi Bisnis, Rabu (5/12/2018).

Diprioritaskannya Universitas Australia yang ingin beroperasi di Indonesia berdasarkan perjanjian kerjasama Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

"Di dalam IA-CEPA di samping dibahas [perjanjian] industri [bidang] lain juga dibahas industri jasa di bidang pendidikan tinggi," papar Patdono.

"Beberapa [Universitas] Australia yang sudah ketemu kita [Kemenristekdikti] mengadakan pembicaraan, misalkan Monash University, kemudian RMIT," lanjutnya.

Namun, Patdono menegaskan selain harus patuh pada undang-undang nomor 12/2012. Perguruan tinggi luar negeri yang ingin beroperasi di Indonesia mutu dan rankingnya harus lebih bagus dibandingkan ranking dunia Universitas Indonesia.

"Kalau di Indonesia, perguruan tinggi yang ranking dunianya paling bagus itu kan Universitas Indonesia, sehingga perguruan tinggi asing yang ingin beroperasi di Indonesia rankingnya harus lebih bagus daripada UI," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper