Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Budi Luhur Koordinator Umum KKN Tematik Citarum Harum

Universitas Budi Luhur ditunjuk sebagai Koordinator Umum dalam rangka penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Tematik Citarum Harum. UBL akan mengkoordinir 300 Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Kopertis III.
Suasana pemandangan sungai Citarum di kawasan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (15/1)./ANTARA-Raisan Al Farisi
Suasana pemandangan sungai Citarum di kawasan Rajamandala, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (15/1)./ANTARA-Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA  - Universitas Budi Luhur ditunjuk sebagai Koordinator Umum dalam rangka penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata Tematik Citarum Harum. UBL akan mengkoordinir 300 Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Kopertis III.

Adapun Kopertis III DKI membawahkan 4 sektor di Citarum Harum yaitu sektor 16 sampai 20. Universitas Trisakti koordinator Sektor 16, Universitas Esa Unggul koord di Sektor 17, Universitas Mercu Buana di Sektor 18, Universitas Budi luhur di sektor 19 serta Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis di Sektor 20.

Kegiatan KKN Tematik Citarum, sesuai hasil Rapat Koordinasi di Bandung, mengusung bidang Pendidikan, bidang Pariwisata, bidang Teknologi Informasi, bidang Ekonomi Kreatif dan bidang Kesehatan yang memiliki kesamaan program di masing-masing kluster namun memiliki keunggulan di setiap sektor sesuai kondisi sektor.

Universitas Budi Luhur yang masuk dalam sektor 19, bersama dengan rombongan dari PTS sektor lain, pada Selasa 24 Juli 2018 melakukan penelusuran langsung melihat secara real bagaimana kondisi sungai Citarum Harum di Desa Karawang. Di Desa Karawang, rombongan KKN diterima langsung oleh Bupati Karawang  Cellica Nurrachadiana beserta jajarannya.

Dalam sambutannya Bupati yang dikenal dengan sapaan Cecil ini berkomitmen mendukung seluruh kegiatan KKN yang dikoordinasi Universitas Budi Luhur. Secara wilayah, Bupati Karawang menjadi tuan rumah untuk segala kegiatan terkait Citarum, yang saat ini memang sedang menjadi fokus nasional.

"Kami akan mem-back up sepenuhnya workshop maupun kegiatan pengabdian mahasiswa yang akan KKN di Citarum Harum," tegas Bupati yang bergelar dokter ini dalam sambutannya, seperti dikutip dari keterangan resmi Universitas Budi Luhur, Kamis (26/7/2018).

Kegiatan mobilisasi antarsektor dimungkinkan adanya bantuan kepakaran dari sektor lain, dengan melihat kesesuaian kebutuhan sektor tersebut. Untuk itu, saat melepas para peserta KKN Citarum Harum, Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Didik Sulistyanto, memberikan semangat kepada seluruh rombongan dari seluruh PTS.

"Mari semangat dalam menjalankan KKN ini. Ini sebagian dari nilai ibadah yang dapat Anda lakukan selain bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara. Ini akan menjadi kebanggan Anda di masa mendatang, karena Anda telah memberikan sumbangsih dalam pembangunan nasional, khususnya menciptakan kehidupan yang sehat," ujar Didik bersemangat.

Ketua Kopertis III DKI Jakarta Illah Sailah mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian anak bangsa untuk ikut menjaga lingkungan, mengingat lingkungan adalah titipan untuk generasi akan datang.

"Kegiatan KKN Tematik Citarum Harum ini bukan kegiatan pencitraan. Tetapi, kegiatan ini merupakan program pengabdian yang riel melibatkan semua pihak, khususnya di sektor 16,17, 18, 19 dan 20." tegas peraih gelar Doktor bidang Chemical Engineering dari University of Queensland, Australia, ini.

Illah juga mengingatkan  Universitas Budi Luhur sebagai koordinator umum dalam program KKN tersebut wajib melakukan kerjasama dan berkoordinasi dengan seluruh sektor yang terlibat, demi tercapainya target yang diinginkan.

"Budi Luhur tidak bisa kerja sendirian untuk membersihkan 120 KM sungai Citarum di Sektor Hilir ini. Untuk itu diperlukan kerja sama," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper