Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HUT KEMERDEKAAN RI: Fadli Zon Resmikan Patung Soekarno, Hatta, Syahrir, dan Tan Malaka

Memperingati Kemerdekaan RI ke 72, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meresmikan patung “The Founding Fathers” atau Bapak Pendiri Bangsa yakni Soekarno, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, dan Tan Malaka, di Padang Panjang, Sumatra Barat.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 16 Agustus 2017  |  12:35 WIB
HUT KEMERDEKAAN RI: Fadli Zon Resmikan Patung Soekarno, Hatta, Syahrir, dan Tan Malaka
Fadli Zon - Antara
Bagikan

Bisnis.com, PADANG—Memperingati Kemerdekaan RI ke 72, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meresmikan patung “The Founding Fathers” atau Bapak Pendiri Bangsa yakni Soekarno, Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, dan Tan Malaka, di Padang Panjang, Sumatra Barat.

Fadli Zon mengatakan istilah pendiri bangsa diartikan dalam makna yang luas. Karena banyak pahlawan yang terlibat memperjuangkan pendirian sebuah negara.

Menurutnya, keempat tokoh itu hanya representasi dari pola dan bentuk perjuangan kemerdekaan Indonesia.

“Patung sengaja dipilih sebagai medium. Untuk mendekatkan kita dengan pendiri bangsa, sekaligus tentu mendekatkan pada narasi sejarah yang melatarbelakanginya,” kata Fadli di Padang, Selasa (15/8/2017).

Dia mengatakan patung bisa menjadi medium efektif untuk menceritakan kembali sejarah, sebagaimana halnya karya fotografi dan lukisan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menyebutkan keempat tokoh yang dibuatkan patungnya tersebut pernah terekam duduk dalam satu tempat.

Menurutnya, meski keempatnya memiliki pandangan ideologi yang berbeda, soal kebangsaan dan keindonesiaan perjuangannya sama. Mereka bekerjasama mencapai kemerdekaan.

“Dialog dan kerjasama ini yang langka kita temui hari ini. Pada hari ini, kita justru mengeksploitasi perbedaan sebagai dalih pemisahan, bukan sebagai tantangan bagi usaha memperkuat persatuan,” jelasnya.

Fadli mengatakan patung ke empat tokoh bangsa tersebut dibuat dengan pose duduk bersama oleh pematung Bambang Win.

Pose itu berdasarkan adegan nyata. Pose Soekarno, Hatta dan Sjahrir berasal dari sebuah arsip foto milik IPPHOS, saat ketiganya sedang duduk bersama di kursi rotan panjang di Jakarta pada 1946. Begitu juga dengan pose Tan Malaka.

Patung The Founding Fathers ditempatkan di Rumah Budaya di Padang Panjang, Sumatra Barat. Penempatan di Sumbar, imbuh Fadli, juga sebagai upaya mendekatkan ke sejarah, karena tiga dari empat tokoh itu adalah orang Minang.

Tan Malaka merupakah tokoh pendiri republik asal Pandan Gadang, Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Mohammad Hatta dari Bukittinggi, dan Sutan Sjahrir dari Koto Gadang, Sumbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumbar HUT Kemerdekaan RI Fadli Zon
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top