Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beri Kuis ke Seniman Bukan Soal Ikan, Jokowi Dapat 5 Lagu

Rayakan Hari Musik Nasional, Presiden Joko Widodo memberi kuis kepada para seniman musik di Indonesian
Presiden Joko Widodo./.Antara
Presiden Joko Widodo./.Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Rayakan Hari Musik Nasional, Presiden Joko Widodo memberi kuis kepada para seniman musik di Indonesia.

Sudah biasa Presiden Joko Widodo melayangkan pertanyaan kepada rakyat saat berkunjung ke berbagai daerah. Bila jawaban tepat, hadiahnya berupa sepeda. 

Menariknya, saat meresmikan pembukaan musyawarah nasional VII Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), Presiden juga melayangkan pertanyaan kepada para artis. Peresmian itu sekaligus merayakan Hari Musik Nasional Tahun 2017.

"Saya kalau ke daerah kan biasaya kasih kuis. Saya pada siang hari ini sebetulnya pengen kasih kuis. Tadi spontan saja. Tapi biasanya yang saya kasih sepeda, saya tanya ke istana bagaimana. Saya kan memang senang ndadak-ndadak," tutur Presiden di Istana Negara, Kamis (9/3/2017).

Rupanya, pihak istana belum menyiapkan sepeda karena tidak ada agenda kuis dari presiden. Akhirnya, Presiden memberikan kartu nama yang sudah ditandatanganinya kepada seniman yang menjawab pertanyaannya. Nanti, kartu nama itu ditukar dengan sepeda.

"Ini pertanyaannya bukan masalah ikan. Saya ingin boleh menyanyi laki maupun perempuan. Lima lagu daerah. Tunjuk jari," kata Jokowi memulai kuis.

Terpilihlah Ita Purnamasari. Penyanyi kelahiran Surabaya, Jawa Timur, ini menyebut Bungong Jeumpa, Tak Tong Tong, Yamko Rambe Yamko, Lir Ilir, dan Rek Ayo Rek. Usai menjawab, Ita Purnamasari menyenandungkan Lir Ilir.

Lantas, Presiden melempar pertanyaan kepada Andre Hehanusa soal enam nama suku di Indonesia. Setelah menjawab pertanyaan, Andre menyanyikan lagu Widuri

"Saya ingat kalau SMP disuruh nyanyi, pasti nyanyi Widuri," ucap Presiden.

Seniman ketiga yang diajak Jokowi ke panggung yakni kelompok musik Bimbo. Kelompok musik religi akan merayakan 50 tahun karier musiknya. Jokowi meminta Bimbo menyanyikan satu lagu. Lantas, Bimbo membawakan lagu Sajadah Panjang.

"Dapat lagu bagus sekali, Sajadah Panjang. Enaknya ini kalau undang ke istana. Nanti saya kirim sepeda. Kalau bayar mahal banget sekarang Bimbo," seloroh Presiden.

Presiden juga mengundang penyanyi dan penulis lagu Titiek Puspa dan penyanyi muda Raissa Andriana untuk menyumbangkan lagu. Titiek Puspa membawa 10 anak menyanyikan lagu bertema Indonesia ciptaan Titik Puspa sendiri, sedangkan Raissa menyenandungkan Indonesia Pusaka. Setelah bernyanyi, Raissa minta sepeda.

"Yang maju tadi saya beri sepeda semuanya," ucap Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper