Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadapi Pemilu Serentak, Pansus RUU Pemilu Dibentuk

DPR sepakat membentuk panitia khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu dan bekerja cepat mengingat pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislative akan dilaksanakan serentak.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  16:41 WIB
Ilustrasi-Simulasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 - Antara/Nyoman Budhiana
Ilustrasi-Simulasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 - Antara/Nyoman Budhiana

Kabar24.com, JAKARTA--DPR sepakat membentuk panitia khusus (Pansus) Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu dan bekerja cepat mengingat pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislative akan dilaksanakan serentak.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan bahwa keputusan itu lahir setelah Badan Musyawarah (Bamus) melakukan rapat dengan pimpinan komisi. Dalam rapat itulah disepakati pembentuka pansus RUU Pemilu, ujarnya, Selasa (25/10/2016).

"Dari Bamus disepakati akan disusun atau dibahas dalam Pansus. Nanti dibacakan di Paripurna, akan dilaksanakan sesuai dengan UU," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa Komisi II DPR akan berperan sebagai leading sector dalam pansus itu.

Menurutnya, pansus harus efektif dalam membahas RUU ini sebab sudah menjadi kebutuhan semua pihak.

"Rakyat Indonesia menginginkan aturan cepat selesai dan anggota dewan juga memiliki kepentingan untuk itu. Pileg dan Pilpres kan akan terlaksana dalam satu waktu, bersamaan," ujar Agus.

Namun demikian, di mengaku belum tahu apakah Pansus akan tetap bekerja saat reses anggota DPR. Kalaupun akan dibahas saat reses maka nanti bisa difasilitasi, ujarnya.

"RUU ini harus cepat diselesaikan. Kita ingin pemilu presiden dan legislatif berjalan bersamaan karena ini kan baru pertama kali. Sehingga diperlukan aturan dan pemikiran yang lebih fokus," kata Agus menjelaskan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pansus pemilu serentak 2019
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top