Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Lonjakan Imigran, Denmark dan Swedia Perketat Kontrol di Perbatasan

Denmark telah memperkenalkan kontrol sementara di sepanjang perbatasannya dengan Jerman. Kontrol tersebut terjadi beberapa jam setelah Swedia mengambil langkah serupa guna mengontrol lonjakan imigran yang datang.
Bendera Swedia. /www.i60.cz
Bendera Swedia. /www.i60.cz

Bisnis.com, JAKARTA – Denmark telah memperkenalkan kontrol sementara di sepanjang perbatasannya dengan Jerman. Kontrol tersebut terjadi beberapa jam setelah Swedia mengambil langkah—langkah serupa guna mengontrol lonjakan imigran yang datang.

Swedia mulai memberlakukan kontrol dokumen atas wisatawan Demark pada Senin (4/1) yang menyebabkan penundaan kereta dan tingkat stress yang melanda para pelancong.

Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen mengatakan bahwa langkah Swedia itu tidak memberinya pilihan kecuali untuk memberlakukan kontrol di negaranya.  Dirinya juga mengaku telah melakukan banding ke Uni Eropa untuk mengambil keputusan kolektif guna melindungi perbatasan eksternal atas gelombang migran dan pengungsi

 “Pemeriksaan dokumen identitas di Swedia dapat mengatasi risiko jumlah besar imigran ilegal yang menumpuk di dalam dan sekitar Kopenhagen,” terang Lars Lokke Rasmussen membenarkan aturan kontrol baru di perbatasan Jerman seperti dikutip Aljazeera.com

Tahun lalu, sekitar 163.000 pengungsi datang ke Swedia. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di negara Uni Eropa. Sebagian besar pengungsi menuju Denmark sehingga pemerintah Swedia mulai memperketat kontrol perbatasan dan aturan perlindungan terhadap pengungsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : aljazeera.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper