Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BG BATAL JADI KAPOLRI: PDI-Perjuangan Jaga Jokowi Dari Celah Impeachment

Meski kecewa karena pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) jadi Kapolri dibatalkan, PDI-Perjuangan akan menjaga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai serangan di DPR RI.
Editor
Editor - Bisnis.com 22 Februari 2015  |  06:23 WIB
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers tentang Kapolri dan KPK, di Istana Merdeka, Rabu (18/2/2015). Presiden mengajukan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri kepada DPR. - JIBI/Akhirul Anwar
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers tentang Kapolri dan KPK, di Istana Merdeka, Rabu (18/2/2015). Presiden mengajukan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri kepada DPR. - JIBI/Akhirul Anwar

Kabar24.com, JAKARTA - Meski kecewa karena pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) jadi Kapolri dibatalkan, PDI-Perjuangan akan menjaga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari berbagai serangan di DPR RI.

Anggota Komisi Hukum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Dwi Ria Latifa mengatakan Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan hal itu pasca keputusan Jokowi membatalkan pelantikan BG.

"Saya bertemu langsung dengan beliau (Megawati). PDI-P akan mendukung penuh seluruh keputusan Jokowi sebagai presiden dari PDI-P. Beliau juga mengatakan tak mau kisruh ini terus berlanjut," katanya.

Dia mengakui PDI-P sebenarnya kecewa terhadap keputusan Jokowi membatalkan BG meski sudah ada putusan praperadilan. Akan tetapi, PDI-P menyadari perannya untuk menjaga Jokowi agar terus memimpin dan memperbaiki Indonesia selama lima tahun mendatang.

PDI-P beralasan sikapnya untuk kukuh mengusung BG semata karena tidak mau Jokowi terjebak dalam permainan politik, yang membuka ruang impeachment (dipecat). PDI-P takut Jokowi mengeluarkan kebijakan yang justru menjadi bumerang di DPR, dimana suara PDI-P hanya 193 orang.

"Jadi jangan diartikan kritik dan masukan kami (PDI-P) untuk presiden itu sebagai bentuk intervensi. PDI-P mau menjaga Jokowi".

Soal pencalonan Badrodin Haiti, Dwi mengklaim PDI-P akan mendukung pengajuan tersebut.

Menurutnya, sejumlah pendapat pengamat ada yang menuding PDI-P menjadi aktor utama penjegalan di DPR.

Meski demikian, Dwi juga menyatakan, belum mengetahui detil langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan partainya untuk meloloskan Badrodin.

Termasuk langkah apa untuk menjaga Jokowi dari tudingan dan dorongan fraksi lain soal pelanggaran konstitusi dan Undang-undang Kepolisian dalam pencalonan tersebut.

"Nanti saja, kita menunggu 23 Maret besok," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdi-p impeachment

Sumber : Tempo.co

Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top