Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPK VS POLRI: TNI Nonaktif Boleh Jadi Komisioner KPK

Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai bahwa semua warga negara Indonesia diperbolehkan untuk mendaftarkan diri sebagai calon komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) . Termasuk anggota TNI non aktif atau anggota TNI yang sudah menjadi purnawirawan.

Bisnis.com, ‎JAKARTA - Di tengah isu pelemahan KPK bergulir wacana soal kemungkinan anggota TNI menjadi komisioner di komisi antirasuah ini.

Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis menilai bahwa semua warga negara Indonesia diperbolehkan ‎untuk mendaftarkan diri sebagai calon komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) . Termasuk anggota TNI non aktif atau anggota TNI yang sudah menjadi purnawirawan.

"Bahwa semua warga negara itu diperbolehkan menjadi komisioner KPK, itu iya," tutur Margarito kepada Bisnis di Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Kendati demikian, Margarito juga menjelaskan bahwa seorang anggota purnaw‎irawan yang ingin mendaftarkan diri sebagai salah satu komisioner KPK harus memiliki latarbelakang pemahaman hukum yang baik.

"Purnawirawan TNI maupun Polri itu harus memenuhi syarat untuk menjadi komisioner KPK," kata Margarito.

Margarito menegaskan, kendati ada purnawirawan TNI yang ingin menjadi salah satu komisioner KPK, maka purnawirawan TNI tersebut tidak bisa sewenang-wenang dan harus tunduk pada hukum dan aturan yang berlaku sebagaimana layaknya seorang komisioner KPK.

"Karena semuanya harus berdasarkan pada aturan yang berlaku‎. Kalau mereka berasal dari mantan TNI tidak bisa sewenang-wenang, harus tunduk pada hukum," tukas Margarito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper