Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaksa Agung: Komisioner KPK Bukan Jaksa itu Tidak Masalah

Jaksa Agung menilai ada pemahaman yang berbeda dalam menjalankan UU KPK terkait dengan proses seleksi calon pimpinan KPK.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 25 September 2015  |  15:24 WIB
Jaksa Agung HM Prasetyo menyampaikan presentasinya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6).  - Antara
Jaksa Agung HM Prasetyo menyampaikan presentasinya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Jaksa Agung menilai ada pemahaman yang berbeda dalam menjalankan UU KPK terkait dengan proses seleksi calon pimpinan KPK. 

"Ada pemahaman yang berbeda. Komisioner kan tidak terjun langsung, lebih ke manajerial. Nah pelaksana di tubuh KPK itu yang ada unsur jaksanya," ujar Jaksa Agung, H.M Prasetyo ketika ditemui di Kejaksaan Agung, Jumat (25/9/2015).

Menurut Prasetyo, komisioner KPK nantinya harus memiliki kemampuan manajerial untuk mempimpin KPK. Memang, idealnya pemahaman terkait masalah teknis dan pengalaman di bidang pidana juga selayaknya dimiliki oleh komisioner KPK nantinya. 

Sebelumnya, Romli Atmasasmita yang merupakan salah satu tim perumus UU KPK menyatakan dalam UU KPK menyebutkan unsur pimpinan KPK harus diisi oleh penyidik dan penuntut umum. 

Dalam UU No 20 Tahun 2012 tentang KPK pasal 21 ayat (5) memang disebutkan bahwa Pimpinan KPK sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 21 ayat (1) huruf a berasal dari penyidik dan penuntut umum. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaksa agung Komisioner KPK
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top