Dirjen WTO Akan Hadiri Pertemuan Menteri APEC

Bisnis.com, NUSA DUA, – Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Roberto Azevedo akan hadir dalam pertemuan menteri APEC 2013 yang berlangsung 4-5 Oktober.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 02 Oktober 2013  |  20:15 WIB

Bisnis.com, NUSA DUA, – Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia Roberto Azevedo akan hadir dalam pertemuan menteri APEC 2013 yang berlangsung 4-5 Oktober.

Pertemuan menteri APEC (APEC Ministers Meeting/AMM) akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Dirjen Kerja Sama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Iman Pambagyo mengatakan kehadiran Azevedo akan memperkuat pernyataan mandiri (stand alone statement) APEC.

Pernyataan mandiri itu berisi dukungan terhadap sistem perdagangan multilateral di bawah WTO, berputar balik dari kebijakan perdagangan yang proteksionis dan lebih proaktif dalam menyelesaikan perundingan di WTO.

“Intinya 95% drat stand alone statement sudah dikatakan selesai. Tinggal nanti tergantung pada diskusi Azevedo dengan para menteri. Kalau ada elemen baru yang muncul dari sana, akan dimasukkan ke dalam stand alone statement,” katanya, Rabu (2/1/2013).

Azevedo akan  berdiskusi dengan para menteri dari 21 negara anggota APEC pada Jumat (4/10) sore yang dilanjut keesokan harinya (5/10) dalam format breakfast meeting dan break up session. Isu utama yang akan dibahas adalah prioritas pencapaian Bogor Goals.  (ra)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sidang WTO, apec 2013, roberto azevado

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup