Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN Jelang Lengser

Ekspektasi Presiden Jokowi berkantor di IKN tak seindah realita. Berikut kronologi rencana Jokowi ingin berkantor di IKN, tapi justru keliling Indonesia.
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin mengikuti Sidang Kabinet Paripurna terakhir bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Ruang Nusantara, di Istana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (12/9/2024). BPMI Setpres RI
Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin mengikuti Sidang Kabinet Paripurna terakhir bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) di Ruang Nusantara, di Istana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Jumat (12/9/2024). BPMI Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA – Kurang dari sebulan lagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelesaikan tugasnya dan memasuki masa purnabakti pada 20 Oktober 2024 mendatang.

Jokowi mengaku dirinya ingin menikmati sisa-sisa akhir masa jabatannya di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan kurun 40 hari terhitung sejak 11 September 2024—19 Oktober 2024.

Orang nomor satu di Indonesia itu menginginkan mega proyek IKN, yang telah dibangun sejak masa jabatan periode keduanya itu, menjadi tempat pemberhentian terakhirnya sebelum tongkat estafet kekuasaan dialihkan ke Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Namun, ekspektasi Jokowi ingin berkantor di IKN ternyata tak seindah realita. Berikut kronologi rencana Jokowi ingin berkantor di IKN, tapi justru jadi keliling Indonesia.

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN

Kamis, 12 September 2024

Dalam catatan Bisnis, kepergian Jokowi untuk bertolak menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) justru terjadi pada Kamis (12/9/2024) dengan bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Dia terbang dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Jokowi pun diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri yang akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN.

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN Jelang Lengser

Jumat, 13 September 2024

Esok harinya, Jokowi kembali menggelar Sidang Kabinet Paripurna (SKP) di Ruang Sidang Kabinet, Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat (13/9/2024) dan merupakan yang terakhir bagi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Selasa, 17 September 2024

Lalu, dalam kurun 3 hari kemudian, tidak ada yang mengetahui di mana Jokowi bermalam. Namun, pada Selasa (17/9/2024) Kepala Negara asal Surakarta itu pun sudah berada di Jakarta untuk meresmikan kawasan Indonesia Islamic Financial Center (IIFC) dan Kantor FIBA Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta Pusat.

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN Jelang Lengser

Rabu, 18 September 2024

Masih di Jakarta, pada Rabu (18/9/2024) Jokowi kembali melakukan peresmian yang kali ini dalam agenda pembukaan 10 tahun Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Jumat, 20 September 2024

Tak langsung kembali ke IKN, ayah dari Wakil Presiden (wapres) terpilih periode 2024—2029 Gibran Rakabuming Raka itu langsung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (20/9/2024) untuk menghadiri Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) XXII dan Seminar Nasional 2024 yang digelar di Hotel Alila, Kota Surakarta dan melakukan peresmian Jalan Tol Ruas Solo–Yogyakarta–YIA Kulonprogo Seksi I Kartasura-Klaten.

Dari Jawa Tengah, Jokowi menyempatkan diri untuk melipir ke Jawa Timur salah satu giatnya selain mengunjungi Pasar Dukuh Kupang, Surabaya dia juga menghadiri pernikahan putra Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Demi menjadi saksi di akad nikah anak Khofifah, Jokowi batal menutup PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024. Absennya Kepala Negara pun akhirnya digantikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sabtu, 21 September 2024

Selanjutnya, pada Sabtu (21/9/2024) Mantan Wali Kota Solo itu sudah kembali berada di Istana Merdeka, Jakarta untuk menerima Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang melaporkan penugasan sebagai penasihat khusus aliansi sedunia untuk membasmi malaria.

Ekspektasi vs Realita Jokowi Ngantor di IKN Jelang Lengser

Minggu, 22 September 2024

Menutup akhir pekan pada Minggu (22/9/2024) Jokowi pun mengunjungi pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digelar dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Monumen Nasional dengan mengajak kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah dalam kunjungan ini.

Senin, 21 September 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun pagi hari ini, bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam rangka kunjungan kerja pada Senin (23/9/2024).

Pada sore hari, Jokowi meresmikan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PT Amman Mineral Internasional Tbk dan setelah peresmian, Jokowi akan melakukan perjalanan menuju Gresik, Jawa Timur untuk meresmikan produksi Smelter PT Freeport.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana pun mengatakan bahwa Jokowi akan kembali ke IKN pada esok hari usai terbang ke Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat pada Selasa (24/9/2024).

“Dari Gresik nanti akan ke Mempawah untuk peresmian Injeksi Bauksit Perdana Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) PT Borneo Alumina Indonesia. Darı Kalimantan Barat [baru akan] ke IKN,” pungkas Yusuf kepada Bisnis lewat pesan teks, Senin (23/9/2024).

Muter ke Semua Daerah

Sejak 18 Januari 2022, saat RUU tentang IKN menjadi UU oleh DPR dan pemerintah, impian untuk segera mewujudkan ibu kota baru menjadi nyata. Ratusan triliun anggaran telah digelontorkan untuk membangun infrastruktur di Nusantara.

Mimpi Jokowi memindahkan untuk berkantor di Nusantara akhirnya benar-benar terwujud pada Agustus 2024, kurang dari 3 bulan dari sisa masa jabatannya sebagai presiden.

Meski begitu, Jokowi memang tercatat hanya baru beberapa kali saja berkantor di Istana Garuda sejak bangunan itu selesai dibangun.

Sebelumnya, dia mengungkapkan kegiatan saat berkantor di IKN Nusantara selama sisa masa pemerintahannya tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di Istana Negara, Jakarta.

Agenda Jokowi untuk menerima investor yang masuk ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menjadi kegiatan yang akan dilaksanakannya selama berada di Nusantara.

“Ya, rapat dengan menteri, menerima tamu-tamu seperti biasanya dan juga menemui beberapa investor yang masuk,” ujarnya usai meninjau harga pangan di Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatra Utara, Selasa (10/9/2024).

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Pasar Dukuh Kupang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat, 20 September 2024. BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan ke Pasar Dukuh Kupang, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat, 20 September 2024. BPMI Setpres

Kendati demikian, Jokowi mengatakan tidak akan sepenuhnya beraktivitas di IKN Nusantara. Menurutnya, masih ada sejumlah kunjungan kerja yang dilaksanakannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak akan berkantor secara penuh di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara selama 40 hari hingga akhir masa pemerintahannya.

“Enggak [berkantor terus di IKN] saya muter, saya muter ke semua daerah. [Saya tidak selalu di IKN] saya muter ke daerah tetapi mungkin berangkatnya dari IKN begitu,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Indonesia itu pun mengamini bahwa harapannya setiap kunjungan kerja (kunker) ke daerah dilakukannya dengan menjadikan IKN sebagai titik awal.

Dia mengatakan apabila Bandara IKN Nusantara telah rampung, maka dirinya akan wara-wiri untuk meninjau berbagai program kerjanya dengan berangkat dari Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur itu.

“Ya, nanti kita lihat kondisinya kalau bisa terbang, ya dari bandara IKN baru kalau ndak ya dari Balikpapan,” pungkas Jokowi


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper