Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arti Buket Sayur dan Buah yang Akan Diberikan ke Paus Fransiskus Saat Tiba di Indonesia

Paus Fransiskus akan menerima buket buah dan sayur yang diberikan oleh dua anak laki-laki berusia 6 dan 12 tahun dalam acara penyambutan di Indonesia
Arti Buket Sayur dan Buah yang Akan Diberikan ke Paus Fransiskus Saat Tiba di Indonesia / Istimewa
Arti Buket Sayur dan Buah yang Akan Diberikan ke Paus Fransiskus Saat Tiba di Indonesia / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kedatangan Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus akan disambut oleh sejumlah pejabat di Gedung VIP Bandara Soekarno Hatta, Jakarta. Dalam acara penyambutan tersebut, akan ada pemberian buket buah dan sayur oleh dua anak laki-laki berusia 6 dan 12 tahun.

Berdasarkan informasi resmi Bandara Soetta, rangkaian yang dibuat khusus untuk menyambut kedatangan Bapa Suci Paus Fransiskus membawa makna Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan Bangsa Indonesia dengan arti berbeda-beda namun tetap satu”

Rangkaian ini dibuat menggunakan tanaman, sayur, buah dan rempah asli dari Indonesia, mewakili berbagai suku bangsa dan adat yang ada di Indonesia. Sayur dan buah dipilih untuk menyimbolkan Indonesia sebagai Negara Agraris. Selain itu, anyaman daun kelapa yang membungkus rangkaian ini, diambil untuk menyimbolkan Indonesia sebagai Negara
Maritim.

Kemudian terdapat padi, bunga kapas dan daun beringin yang ada di tengah rangkaian, simbol dari Pancasila, yaitu dasar Negara Indonesia. Pita merah dan putih mengikat rangkaian menjadi satu, simbol dari ikatan Persatuan Indonesia dan semangat Bhinneka
Tunggal Ika.

Mengikuti ajaran Bapa Suci Paus Fransiskus dalam Ensiklik Laudato Si, rangkaian ini memakai bahan yang semuanya dapat digunakan kembali dan di daur ulang. Tidak ada bunga potong seperti rangkaian bunga pada umumnya. Rangkaian bunga ini dibuat oleh Ivan Linggar, seorang desainer dan arsitek lulusan SMU Gonzaga, Jakarta dan Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Paus Fransiskus disebut akan tiba di Bandara Soetta pada pukul 11.30 WIB. Adapun yang akan menyambut Paus di Bandara yaitu Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas, Dewan Pertimbanagn Presiden Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci Michael Trias Kuncahyono.

Kemudian perwakilan Vatikan yaitu Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Tahta Suci untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Tahta Suci Vatikan Michael Andrew Pawlowicsz serta Ketua Panitia Junjungan Apostolik Ignatius Jonan.

Adapun dua anak yang akan menyerahkan buket bunga yaitu Mary Lourdes Wicaksono Atmojo yang berusia 6 tahun berasal dari Jakarta Pusat serta Irfan Wael berusia 12 tahun yang berasal dari Maluku.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper