Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkap! Ini Tempat yang Dikunjungi Paus Fransiskus Selama Kunjungan di Indonesia

Simak jadwal lengkap kunjungan Paus Fransiskus di Jakarta, Indonesia selengkapnya pada 3-6 September 2024.
Paus Fransiskus menaiki maskapai komersial ITA Airways dari Vatikan ke Indonesia pada lawatan ke Asia Tenggaran 3-6 September 2024. Dok Vatican News
Paus Fransiskus menaiki maskapai komersial ITA Airways dari Vatikan ke Indonesia pada lawatan ke Asia Tenggaran 3-6 September 2024. Dok Vatican News

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus dijadwalkan tiba hari ini Selasa (3/9/2024) dan akan memulai rangkaian kegiatan pertamanya di Tanah Air. Berikut beberapa agenda penting yang akan dilakukan Paus selama di Indonesia. 

Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Jakarta menjadi kota pembuka kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Asia. 

Dalam kunjungannya ke setiap negara, Paus Fransiskus akan melakukan pertemuan dengan wakil-wakil pemeluk agama Katolik. Salah satu agenda Paus adalah penandatanganan dokumen bersejarah yang membahas soal isu kemanusiaan, toleransi dan lingkungan. 

Lebih lanjut, berikut merupakan jadwal agenda utama Paus selama di Indonesia. 

Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus di Indonesia 

Selasa, 3 September 2024

Selasa, (3/9/2024) pukul 11.30 WIB, Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng. 

Paus akan disambut oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci (Vatikan) Michael Trias Kuncahyono.

Setelahnya, Paus akan beristirahat terlebih dahulu, sebelum melakukan sejumlah agenda di Tanah Air di esok harinya. 

Rabu, 4 September 2024 

Pada Rabu (3/9/2024) pukul 09.30 WIB, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka Jakarta, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelahnya, Paus akan bertemu dengan masyarakat sipil, korps diplomatik, dan para pejabat. 

Pukul 11.30 WIB, Paus akan bertemu dengan para anggota Serikat Yesuit yang akan dilakukan di Apostolic Nunciature di Kedutaan Besar Vatikan untuk Indonesia. 

Di sore harinya, pukul 16.30 WIB, Paus akan bertemu dengan para uskup, imam, diakon, biarawan-biarawati, seminaris dan katekis. Setelahnya, pukul 17.30 WIB paus akan bertemu dengan kaum muda Scholas Occurrentes. 

Kamis, 5 September 2024

Pada Kamis (5/9/2024) pukul 09.00 WIB, Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan pertemuan antar agama di Masjid Istiqlal. Kemudian, Paus akan bertemu penerima bantuan dari organisasi amal di Konferensi Waligereja Indonesia.

Setelahnya, pukul 17.00 WIB Paus akan memimpin misa kudus yang akan dihelat di Gelora Bung Karno (GBK).  Agenda ini rencananya dihadiri oleh sekitar 86.000 umat Katolik.

Jumat, 6 September 2024

Terakhir, pada Jumat (6/9/2024) pada pukul 09.15 WIB, Paus Fransiskus mengikuti upacara perpisahan sebelum Paus beranjak menuju Papua Nugini di bandara Soekarno Hatta. 

Paus Fransiskus kemudian akan berangkat dengan maskapai penerbangan pada Jumat pagi pukul 09.45 WIB. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper