Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Mobil Antipeluru, Paus Fransiskus Naik Kijang Innova Zenix Selama di Jakarta

Ketua Panitia Pelaksana Panitia Kunjungan Bapa Suci, Ignasius Jonan mengatakan Paus Fransiskus akan menaiki Toyota Kijang Innova Zenix selama di Jakarta.
Paus Fransiskus tiba untuk audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan. REUTERS/Yara Nardi
Paus Fransiskus tiba untuk audiensi umum mingguan di Aula Paulus VI di Vatikan. REUTERS/Yara Nardi

Bisnis.com, JAKARTA - Selain popemobile buatan dalam negeri yang diproduksi oleh PT Pindad (Persero), Paus Fransiskus juga akan menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix dalam kunjungannya ke Indonesia pada 4-6 September 2024. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Panitia Kunjungan Bapa Suci Fransiskus Ignasius Jonan.

Awalnya, Jonan ditanya wartawan menanyakan apakah Paus Fransiskus akan menaiki mobil antipeluru selama di Jakarta. Namun, Jonan ternyata memberikan jawaban bahwa Paus Fransiskus akan naik mobil penumpang. 

"Civil car yang digunakan oleh Sri Paus [Fransiskus selama di Jakarta] itu adalah Toyota Kijang Innova Zenix, ya," ujar Jonan dikutip, Senin (2/9/2024). 

Jonan mengatakan popemobile atau jeep Maung yang diproduksi oleh PT Pindad tetap digunakan untuk inspeksi menyapa umat saat misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada Kamis malam (5/9/2024). 

"Oh, kalau yang diproduksi di Pindad itu kendaraan yang disebut Maung adalah kendaraan untuk inspeksi menyapa umat waktu mau Misa Agung di GBK," jelasnya. 

Meski demikian, mantan Menteri Perhubungan dan Dirut KAI itu tidak menjelaskan lebih detil soal pemilihan mobil yang akan digunakan Paus Fransiskus dan rombongan. 

"Mungkin bisa ditanyakan nanti ke Paspampres saja. Itu porsinya Paspampres, bukan saya," ucap Jonan. 

Dilansir dari Indonesia.go.id, popemobile yang akan digunakan Paus yang telah 11 tahun memimpin Takhta Suci Vatikan itu bermerek Maung buatan PT Pindad.

Seperti dikutip dari salah satu akun di media sosial (medsos) Instagram, ditayangkan sebuah video yang memperlihatkan Maung warna putih dengan pelat SCV 1 sedang diuji coba di sebuah bengkel besar.

SCV sendiri seperti ditulis dalam penjelasan di akun medsos tersebut adalah singkatan dari bahasa Latin Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan.

Maung yang khusus dibuat untuk membawa Paus Fransiskus berkeliling stadion menyapa umatnya itu berdesain semiterbuka dengan penutup khusus di bagian depan. Sedangkan bagian belakang terdapat pintu dan tangga kecil yang bisa digunakan Paus Fransiskus sebagai akses naik-turun kendaraan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper