Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Duet Anies-Kaesang, PKS Siap Buka Komunikasi dengan PSI

PKS siap membuka komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait wacana duet Anies Baswedan - Kaesang Pangarep dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap membuka komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terkait wacana duet Anies Baswedan - Kaesang Pangarep dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini menjelaskan, pihaknya tidak akan pernah menutup pintu komunikasi dengan partai politik manapun termasuk PSI. Oleh sebab itu, lanjutnya, PKS siap membicarakan wacana duet Anies-Kaesang dengan PSI.

"Komunikasi, kan mungkin saja. Kerja sama kan harus ada keputusan institusional, bukan keputusan dan pendapat pribadi," ujar Jazuli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Dia tidak mau banyak berkomentar soal potensi duet antara mantan gubernur DKI Jakarta dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jazuli merasa tidak berhak berbicara sebelum ada keputusan partai.

Menurutnya, PKS masih menggodok soal nama bakal pasangan calon yang akan diusung dalam Pilkada Jakarta 2024. Oleh sebab itu, dia meminta setiap pihak bersabar.

Jazuli juga merasa tidak berhak membicarakan kemampuan Kaesang untuk menjadi calon pemimpin Jakarta. Dia berpendapat, kemampuan seseorang tidak terlalu relevan dalam penentuan calon yang akan maju dalam ajang pemilihan umum.

"Masalahnya antara kemampuan dengan penetapan calon itu kan dua hal yang berbeda. Kemampuan itu melekat dirimu, kamu diangkat menjadi wartawan tergantung perusahaan mediamu, kan gitu. Ya tergantung partai-partai sepakat enggak nanti," jelas Jazuli.

Sebelumnya, DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta merupakan pihak yang pertama kali menyatakan akan mendorong duet Anies-Kaesang dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Ketua DPW PKB Jakarta Hasbiallah Ilyas mengungkapkan, pihaknya sudah memutuskan untuk usung Anies sebagai bakal calon gubernur Jakarta 2024. Meski demikian, DPW PKB Jakarta belum putuskan soal sosok wakil yang cocok untuk Anies.

Di samping itu, Ilyas menjelaskan pihaknya memang sudah menjalin komunikasi dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk bicarakan calon wakil gubernur yang cocok dengan Anies. Dia pun menyebutkan nama putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

"Mudah-mudahan Anies-Kaesang," ujar Ilyas di Kantor DPW PKB Jakarta, Jakarta Timur, Rabu (12/6/2024).

Bahkan, Kaesang sudah menyambut baik wacana tersebut. Ketua umum PSI itu mengakui Anies adalah kandidat bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024 yang memiliki elektabilitas terbaik sehingga tidak akan menolak apabila dijodohkan secara politik dengan Anies.

"Saya kira itu juga baik dan kita lihat juga kan Pak Anies juga surveinya sekarang yang paling tinggi. Jadi ya saya enggak masalah juga kalau nanti pun akan dipasangkan oleh Pak Anies," ujar Kaesang kepada awak media, Rabu (12/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper