Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia 15 Universitas yang Mencetak Miliader Terbanyak Sepanjang 2024

Berikut ini adalah daftar 15 universitas yang berhasil mencetak miliarder dan orang-orang terkaya di dunia.
Massachusetts Institute of Technology/reuters
Massachusetts Institute of Technology/reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahun ini, ada sebanyak 2.781 miliarder yang tercatat di dunia dengan total kekayaan bisa mencapai US$14,2 triliun. Banyak dari mereka merupakan alumni dari sekolah-sekolah bergengsi, meskipun ada pula yang tak sampai lulus kuliah. 

Beberapa perguruan tinggi diketahui menghasilkan pemimpin visioner berkualitas tinggi yang telah membangun banyak perusahaan sukses dari awal, sementara beberapa perguruan tinggi mewarisi kekayaan mereka namun melipatgandakan kekayaan tersebut berkali-kali lipat.  

Melansir Forbes, berikut adalah beberapa universitas terkemuka di dunia akademis yang menjadi pencetak miliarder terbanyak tahun ini:

1. The University of Pennsylvania

Universitas ini telah melahirkan banyak miliarder, terutama melalui unit pendidikan bisnisnya, Wharton School. Program bisnis berkualitas tinggi di Wharton memberikan keunggulan dibandingkan sekolah bisnis lainnya. Beberapa lulusan terbaiknya antara lain Elon Musk, Warren Buffett, Donald Trump, dan lainnya. Juga disebut sebagai Penn, universitas riset Ivy League ini telah menjadi perguruan tinggi pilihan bagi para pemimpin dan inovator.

2. Stanford University

Stanford memiliki rekam jejak yang kuat dalam mendidik orang-orang terkaya di Amerika. Para mahasiswanya banyak yang unggul di Silicon Valley, dan menciptakan banyak perusahaan yang sukses. 

Universitas ini telah melahirkan banyak wirausahawan, inovator, dan visioner teknologi yang kemudian membangun bisnis besar dan meningkatkan kekayaan mereka. Beberapa alumni terbaik Stanford termasuk pendiri raksasa teknologi sukses seperti Sergey Brin, Larry Page, Peter Thiel, Reid Hoffman, Susan Wojcicki, dan lainnya.

3. Harvard University

Universitas ini memiliki hubungan yang kuat dengan orang-orang terkaya di Amerika karena tingginya tingkat keunggulan akademis yang dipertahankannya selama bertahun-tahun. Reputasinya dan jaringan alumninya yang sangat sukses menarik talenta-talenta terbaik.  

Bagian pendidikan bisnisnya, Harvard Business School, sangat berperan dalam menghasilkan lulusan terbaik yang telah menangani banyak perusahaan sukses. Beberapa alumninya yang saat ini berada dalam jajaran miliarder antara lain Bill Gates, Mark Zuckerberg, Michael Bloomberg, Jamie Dimon, Lloyd Blankfein, dan lain-lain.

4. Yale University

Universitas ini berada di garis depan dalam menawarkan program akademik berkualitas tinggi di berbagai disiplin ilmu, sehingga menghasilkan banyak pebisnis super kaya.  

Universitas mengajarkan kepemimpinan alumni, pemikiran kritis, dan pendekatan interdisipliner untuk membantu mereka menjadi individu yang berpengetahuan luas.  Beberapa alumni yang kini jadi miliarder dari Yale University antara lain Stephen A. Schwarzman, James Chanos, dan lain-lain.

5. Cornell University

Universitas ini memiliki banyak bagian untuk berbagai program akademik yang mencakup mata pelajaran ilmu kehidupan, pertanian, administrasi bisnis, dan lain-lain.  Cornell sangat menekankan pada penelitian dan inovasi, sehingga menghasilkan banyak pemimpin dan pengusaha yang memainkan peran penting dalam bidang teknologi dan bisnis. Beberapa alumni terkaya antara lain Robert F. Smith, David Duffield, dan Sanford I. Weill, yang tidak menyelesaikan gelarnya namun menjadi terkenal di dunia keuangan dan bekerja sebagai CEO Citigroup.

6. University of Southern California

Universitas ini mempunyai hubungan yang kuat dengan beberapa orang terkaya di Amerika. Keunggulan akademisnya banyak menciptakan jaringan alumni yang mencakup individu-individu berpengaruh dan telah mencapai kesuksesan besar di industrinya.  

Alumninya banyak yang menjadi pemimpin di bidang teknologi, bisnis, hiburan, dan banyak industri lainnya.  Beberapa nama teratas dalam kategori ini antara lain George Lucas, Marc Benioff, dan Ronald Wayne Burkle.

7. Princeton University

Universitas ini memiliki beberapa program akademik dan fakultas terkemuka yang menumbuhkan pemikiran kritis, kepemimpinan, dan keterampilan lainnya pada mahasiswa.  Program-programnya dirancang untuk mempersiapkan para pemimpin yang siap menghadapi tantangan masa depan.  

Reputasi globalnya dalam keunggulan akademik dan jaringan alumni yang kuat menarik talenta-talenta terbaik.  Beberapa alumni terkayanya antara lain Jeff Bezos, Meg Whitman, John Rogers, dan lainnya.

8. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT terkenal dengan penelitian lanjutannya di berbagai aliran ilmu pengetahuan dan teknologi. Institut ini memiliki kurikulum yang ketat dan mempertahankan keunggulan akademis yang tinggi, sehingga menghasilkan beberapa nama terkemuka yang telah memainkan peran kepemimpinan dalam ilmu komputer, teknik, bioteknologi, dan bidang lainnya.  

Universitas ini juga terus memelihara hubungan yang kuat dengan industri teknologi dan menawarkan fasilitas-fasilitas canggih untuk penelitian dan inovasi kepada para mahasiswanya. Di jajaran miliarder, Elon Musk salah satunya sempat menempuh pendidikan di MIT.

9. Columbia University

Jaringan alumninya yang prestisius mencakup banyak individu kaya yang berprestasi di berbagai industri, termasuk bisnis, keuangan, teknologi, dan lain-lain. Kedekatannya dengan pusat keuangan global, New York City, membantunya menghasilkan sejumlah pemimpin keuangan dan bisnis yang sukses. Beberapa alumni terkemuka Columbia University termasuk Warren Buffett, Henry Kravis, dan Leonard Lauder. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper