Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDIP Tak Undang Jokowi di Rakernas, Sinyal Jadi Oposisi Prabowo-Gibran?

PDIP tidak undang Jokowi di rakernas dan segera tentukan sikap terhadap pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pekan depan.
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) ke-IV PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023). Dok Youtube PDIP
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpidato dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) ke-IV PDIP di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023). Dok Youtube PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) memastikan tidak akan mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kerja nasional (rakernas) ke-V yang akan diselenggarakan di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada 24-26 Mei 2024.

Jokowi adalah bekas kader PDIP. Namun karena ontran-ontran Pilpres 2024 lalu, hubungan antara PDIP dan Jokowi renggang. Terakhir elite PDIP menyatakan bahwa Jokowi telah berada di luar partai.

Ketua Steering Committee, Djarot Saiful Hidayat, menjelaskan Rakernas ke-V PDIP merupakan acara yang dikhususkan untuk kader internal. Oleh sebab itu, tidak sembarang orang akan diundang apalagi untuk pihak yang menyibukkan diri.

"Yang jelas presiden dan wakil presiden tidak diundang, kenapa? Karena beliau sangat sibuk dan menyibukkan diri. Jadi ini hanya internal PDIP, pesertanya internal PDIP," kata Djarot dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2024).

Dia menjelaskan, Rakernas ke-V PDIP akan mengambil tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang", dengan sub tema "Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya".

Tema itu dipilih karena rakernas diadakan di tengah keprihatinan atas praktik sisi-sisi gelap kekuasaan. Dia berpendapat, kini telah terjadi manipulasi hukum, penggunaan sumber daya negara dan alat-alat negara untuk kepentingan kelompok sempit, hingga berbagai upaya lain yang mengkerdilkan demokrasi.

"Meritokrasi dan supremasi hukum pun diganti dengan demokrasi kekuasaan hingga melahirkan berbagai praktik-praktik kecurangan pemilu," ucapnya.

Nantinya, selama tiga hari akan dibahas setidaknya tiga topik utama. Pertama, ihwal sikap dan posisi PDIP kepada pemerintah presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kedua, membahas tentang program-program kerakyatan. Ketiga, ketiga koordinasi kekuatan partai untuk pemenangan Pilkada 2024.

Minta Masukan Aktivis 

Adapun PDIP akan meminta masukan dari aktivis hingga mahasiswa soal sikap partai, apakah menjadi oposisi atau malah bergabung ke dalam pemerintahan presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pendapat para aktivis hingga mahasiswa itu akan dibawa ke dalam forum rapat kerja nasional (rakernas) ke-V PDIP di Ancol Beach City, Jakarta Utara pada 24—26 Mei 2024.

"Kemarin hari Minggu [12/5/2024], kami melakukan FGD untuk menjaring berbagai macam suara, berbagai macam pendapat, dari para pengamat, para aktivis, para budayawan, termasuk para mahasiswa, sebagai materi yang akan kita godok untuk menentukan bagaimana sikap dan posisi PDIP," jelas Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (16/5/2024).

Dia menjelaskan, nantinya akan ada dua sikap dari PDIP yang akan direkomendasikan dalam Rakernas ke-V. Pertama, sikap eksternal yaitu posisi PDIP terhadap jalannya pemerintahan ke depan.

Kedua, sikap geopolitik yaitu posisi PDIP menyikapi berbagai macam dinamika politik secara global untuk mendorong bisa terwujudnya perdamaian dunia.

"Tapi bagaimana ketegasan sikap dari PDIP, sebaiknya ditunggu saja kejutan-kejutan apa saja yang nanti akan muncul di rakernas," kata Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper