Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alasan Mahfud MD Absen di Acara Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih

Mahfud MD mengaku tidak menerima undangan KPU untuk hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wapres terpilih periode 2024-2029 hari ini
Alasan Mahfud MD Absen di Acara Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih. Calon presiden dan wakil presiden urut 3  Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Alasan Mahfud MD Absen di Acara Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih. Calon presiden dan wakil presiden urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Calon wakil presiden urut 3 Mahfud MD mengaku tidak tahu menahu soal undangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk hadiri acara penetapan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 pada hari ini, Rabu (24/4/2024).

Oleh sebab itu, Mahfud tidak hadiri acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat itu. Menurutnya, undangan baru sampai kepada pada pagi hari ini.

"Saya tidak tahu kalau ada undangan, baru setengah jam sebelum acara dimulai itu ada pemberitahuan lewat telepon, 'Ini Bapak ke KPU tidak?' Ada apa saya bilang? Terus diberi tahu acara penetapan. Jadi waktunya tidak terkejar, jadi saya tidak tahu kalau ada undangan," kata Mahfud dalam keterangannya, Rabu (24/04/2024).

Dia mengatakan sudah tidak tahu agenda-agenda kepemiluan karena para koordinatornya sudah tidak aktif. Apalagi, Mahfud mulai banyak kegiatan di luar kepemiluan terutama setelah vonis Mahkamah Konstitusi (MK) tentang sengketa Pilpres 2024 yang dijatuhkan dua hari lalu.

Dia menyatakan sudah membuka kembali komunikasi dengan teman-teman yang selama ini ditutup lantaran pencawapresan. Mantan Menko Polhukam itu mengaku sempat mengurangi komunikasinya dengan teman-teman dari berbagai kalangan demi menghindari tensi politik.

"Saya kan punya banyak teman di berbagai kalangan tapi selama running untuk pilpres, cawapres, saya menyatakan tidak usah ada kontak kontak dulu sebelum ada penetapan dari MK," ujar Mahfud.

Di samping itu, Mahfud memberikan selamat bertugas kepada Prabowo-Gibran yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 

Selain Mahfud, pasangan politiknya Ganjar Pranowo juga tidak hadir dalam acara tersebut. Alasannya serupa dengan Mahfud: undangan baru diterima beberapa jam sebelum acara.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tampak menghadiri dalam acara tersebut. Keduanya datang bersamaan dengan mobil masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper