Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isi Surat Iran untuk PBB setelah Lakukan Serangan Terhadap Israel

Berikut isi surat lengkap Duta Besar Iran untuk PBB yang berisi penjelasan alasan penyerangan terhadap Israel.
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Dok IRNA
Presiden Iran Ebrahim Raisi. Dok IRNA

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Nomor 2003556 13 April 2024
Yang Mulia,

Atas instruksi dari Pemerintah saya dan sesuai dengan surat kami tertanggal 1 April 2024 mengenai serangan bersenjata rezim Israel terhadap lokasi diplomatik Republik Islam Iran di Damaskus, Republik Arab Suriah, yang menyebabkan matinya tujuh penasihat militer senior Iran ( A/78/838-S/2024/281), Saya ingin menginformasikan bahwa, pada penghujung tanggal 13 April 2024, Republik Islam Iran melakukan serangkaian serangan militer terhadap sasaran militer Israel.

Tindakan ini merupakan bentuk pelaksanaan hak yang melekat pada Iran untuk membela diri sebagaimana diuraikan dalam Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan sebagai respons terhadap agresi militer Israel yang berulang, khususnya serangan bersenjata pada tanggal 1 April 2024 terhadap lokasi diplomatik Iran. bertentangan dengan Pasal 2 (4) Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sayangnya, Dewan Keamanan PBB telah gagal dalam tugasnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional, sehingga membiarkan rezim Israel melanggar garis merah dan melanggar prinsip-prinsip dasar hukum internasional. Pelanggaran-pelanggaran tersebut telah memperburuk ketegangan di kawasan dan mengancam perdamaian dan keamanan regional dan internasional.

Sebagai Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab, Republik Islam Iran berkomitmen terhadap tujuan dan prinsip yang tercantum dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan hukum internasional, dan menegaskan kembali pendiriannya yang konsisten bahwa Iran tidak berupaya melakukan eskalasi atau konflik di kawasan. .

Sambil memperingatkan mengenai provokasi militer lebih lanjut yang dilakukan oleh rezim Israel, Republik Islam Iran menegaskan kembali tekadnya yang tak tergoyahkan untuk membela rakyatnya, keamanan dan kepentingan nasionalnya, kedaulatan, dan integritas wilayahnya dari ancaman atau tindakan agresi apa pun dan untuk menanggapi ancaman tersebut. atau agresi dengan penuh semangat dan sesuai dengan hukum internasional.

Republik Islam Iran tidak akan ragu untuk menggunakan hak bawaannya untuk membela diri bila diperlukan. Jika rezim Israel kembali melakukan agresi militer, respons Iran pasti akan lebih kuat dan tegas.

Saya patut berterima kasih jika Anda mau mengedarkan surat ini sebagai dokumen Dewan Keamanan.

Mohon terima, Yang Mulia, jaminan pertimbangan tertinggi saya.

Amir Saeid Irawani
Duta besar Iran untuk PBB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper