Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menang Telak di Pilpres Rusia, Vladimir Putin Banjir Ucapan Selamat dari Arab Hingga Hamas

Presiden Petahana Rusia, Vladimir Putin mendapatkan ucapan selamat dari berbagai petinggi negara usai meraup suara terbanyak dalam Pilpres 2024 Rusia 2024.
Presiden Vladimir Putin berbicara setelah tempat pemungutan suara ditutup di Moskow./Reuters
Presiden Vladimir Putin berbicara setelah tempat pemungutan suara ditutup di Moskow./Reuters

Ucapan Selamat Untuk Putin

5. Hamas

Pejabat senior Hamas Ismail Haniyeh mengucapkan selamat kepada Vladimir Putin atas kemenangannya dalam Pilpres Rusia.

“Pemimpin gerakan tersebut memuji posisi Rusia dalam mendukung [solusi adil] masalah Palestina dengan membela rakyat kami dari pendudukan Israel, pendukung terbesar hegemoni Amerika di Timur Tengah,” katanya di Telegram. 

Menurut Haniyeh, Hamas berharap pada penguatan hubungan persahabatan dan pengembangan kerja sama dengan Rusia.

Dia mendoakan agar pemimpin Rusia itu sukses, termasuk demi kepentingan rakyat Rusia dan dunia, serta dalam upaya membangun tatanan dunia multipolar di mana masyarakat tertindas diperlakukan secara adil.

6. Yaman

Ketua Dewan Pimpinan Kepresidenan Yaman Rashad Muhammad al-Alimi mengucapkan selamat kepada Vladimir Putin atas kemenangannya dalam Pilpres Rusia. 

Adapun dalam Telegram ucapan selamatnya, al-Alimi atas namanya sendiri dan atas nama anggota Dewan dan pemerintah, menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Putin dan mendoakan kesuksesannya dalam menjalankan tugas kepresidenannya, kemajuan dan perkembangan lebih lanjut kepada pemerintahannya dan rakyat Rusia yang bersahabat.

Selain itu, dia juga menyambut baik posisi tegas Rusia terhadap rakyat Yaman dan hubungan bilateral bersejarah yang luar biasa antara kedua negara sahabat dan prospek yang menjanjikan bagi perkembangan mereka di berbagai tingkat.

7. Serbia

Presiden Serbia Alexander Vucic mengucapkan selamat kepada Vladimir Putin setelah menang dalam Pilpres Rusia.

Dia menyerahkan surat ucapan selamatnya kepada Duta Besar Rusia untuk Beograd Alexander Botsan-Kharchenko dalam pertemuan pada Selasa (19/3/2024). Foto bersama keduanya diunggah di akun Instagram Vucic. 

“Dalam pertemuan dengan Duta Besar Botsan-Kharchenko, saya memanfaatkan kesempatan ini dan menyerahkan surat untuk Presiden Rusia Vladimir Putin, di mana, bersamaan dengan ucapan selamat atas kemenangannya dalam Pemilu, saya menunjuk pada situasi sulit yang dihadapi rakyat Serbia di Kosovo dan Metohija, tantangan serius yang dihadapi Serbia. Saya juga berterima kasih kepada Rusia atas dukungannya terhadap integritas wilayah Serbia,” tulis Vucic.

8. Maroko

Raja Mohammed VI dari Maroko telah mengirimkan pesan ucapan selamat kepada Vladimir Putin atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Rusia. 

Sang raja mengirimi Putin ucapan selamat yang hangat atas kenyataan bahwa rakyat Rusia sekali lagi menyatakan kepercayaan mereka kepada Putin. 

Raja Mohammed VI berharap pemimpin Rusia itu berhasil melanjutkan upayanya memimpin Federasi Rusia menuju kemajuan dan kemakmuran yang lebih besar. 

Dia menegaskan kembali tekadnya yang kuat untuk terus bekerja sama dengan Putin guna memperkuat ikatan persahabatan yang erat yang menyatukan kedua negara, berdasarkan rasa saling menghormati, kerja sama yang bermanfaat, dan keinginan bersama untuk memperkuat kemitraan strategis antara Maroko dan Rusia di berbagai bidang, demi kepentingan kedua bangsa yang bersahabat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Penulis : Erta Darwati
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper