Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beredar Kabinet 'Indonesia Emas' Prabowo, Ini Penjelasan TKN

Beredar bocoran nama-nama menteri Kabinet Indonesia Emas Prabowo di media sosial.
Dradjad Wibowo/Istimewa
Dradjad Wibowo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar poster berisi calon menteri kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang bertajuk 'Kabinet Indonesia Emas' sejak tadi malam, Senin (19/2/2024), di media sosial.

Dalam poster itu berisi lima 55 pos jabatan. Mulai dari posisi menteri, wakil menteri, hingga pimpinan lembaga setingkat menteri.

Pada posisi teratas ada nama Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono masing-masing sebagai sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden dan wakilnya.

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Drajad Wibowo pun angkat bicara mengenai poster bocoran menteri kabinet Prabowo tersebut.

"Sependek pengetahuan saya, belum ada pembahasan mendetil tentang nama-nama," ujarnya dalam pesan singkat kepada Bisnis, Selasa (20/2/2024).

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi bakal dilibatkan dalam pembahasan kabinet tersebut, selain para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Keputusan penetapan kabinet akan dilakukan oleh Prabowo dan Gibran.

"Prinsip-prinsip dan kerangka besarnya tentu sudah dibicarakan karena beliau-beliau itu sering bertemu," terangnya.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), pasangan Prabowo-Gibran unggul dibandingkan dengan paslon Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Md.

Adapun perhitungan resmi (real count) KPU pada Pemilu 2024 per  20 Februari 2024 pukul 11.00 WIB, paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran masih unggul dalam perhitungan sementara KPU dengan suara masuk 72,26%..

Prabowo-Gibran diketahui telah mengumpulkan 58,65%. Di posisi kedua masih ada Anies-Cak Imin yang berhasil memenangkan 24,25% suara. Sedangkan Ganjar-Mahfud masih menjadi paslon dengan perolehan suara terkecil dengan 17,1%.

Meski demikian jika dilihat dari perolehan suara masing-masing provinsi, Anies-Cak Imin tidak sepenuhnya kalah dari Prabowo-Gibran.

Paslon nomor urut 1 tersebut unggul di Aceh dan Sumatera Barat. Di Aceh, Anies-Cak Imin mendapatkan 1.437.697 yang nilainya jauh tinggi dibanding Prabowo-Gibran dengan 402.653 dan Ganjar-Mahfud 41.131 suara.

Demikian pula di Sumatera Barat. Di Provinsi tersebut, pasangan Anies-Cak Imin memeroleh 969.949 suara di atas Prabowo-Gibran dan 664.225 dan Ganjar-Mahfud 69.141 suara.

Tapi jika dilihat secara nasional, Prabowo-Gibran masih menjadi paslon dengan suara terbanyak.

Bahkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang merupakan kandang banteng, Prabowo-Gibran unggul dari Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud.

Di Jateng, Prabowo-Gibran memeroleh 9.559.354 suara. Angka ini jauh lebih besar dari perolehan suara Ganjar-Mahfud 6.238.249 dan Anies-Cak Imin dengan 2.295.640 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hendri T. Asworo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper