Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi Terjunkan 5.922 Personel untuk Kawal Kampanye Akbar Prabowo dan Anies di Jakarta

Polda Metro Jaya menerjunkan 2.666 personel di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara dan 3.256 personel di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram
Jakarta International Stadium/Dok. Tangkapan layar instragram

Bisnis.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menerjunkan 5.922 personel untuk mengamankan kampanye akbar paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon nomor 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Jakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi merincikan pengamanan tersebut dilakukan di dua lokasi berbeda dengan personel pengamanan mulai dari Polisi, Pemprov DKI hingga Pemkot Jakarta.

Untuk Anies, yang berkampanye di Jakarta International Stadium, Jakarta Utara sebanyak 2.666 personel. Sementara itu, Prabowo-Gibran yang melakukan kampanye terakhir di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat bakal dikawal 3.256 personel. 

"Jumlah personel pengamanan di JIS, 2.666 orang, dan GBK 3.256 orang," kata Ade kepada wartawan, Sabtu (10/2/2024).

Dia juga menuturkan bahwa khusus lokasi kampanye akbar Prabowo-Gibran bakal diberlakukan car free day (CFD) bagi peserta kampanye.

Juru Bicara Tim Pemenangan Anies dan Muhaimin (Timnas AMIN), Billy David mengatakan semua persiapan teknis sudah siap, termasuk uji coba rekayasa lalu lintas, crowd management telah rampung.

Adapun, Billy mengatakan panitia tidak membatasi masyarakat yang ingin datang ke JIS. Sebab, masyarakat bisa masuk meski tidak mempunyai tiket.

Sebagai informasi, dalam kampanye terakhir itu, Anies bakal mengundang sederet artis yakni D'Masiv, Iyeth Bustami, Nasida Ria, hingga stand-up comedian atau komika juga akan tampil seperti Abdur Arsyad, Sammy Notaslimboy, David Nurbianto, dan Mo Sidik. 

"Jangan membeli tiket di calo patuhi semua panduan datang ke JIS dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, salah satunya dengan mengundang sederet artis ke panggung kampanye akbar bertajuk ‘Pesta Rakyat untuk Indonesia Maju’ itu.

Artis itu di antaranya, Dewa19 feat Ari Lasso dan Ello, Raffi Ahmad, NTRL, Andre Taulany, Gus Miftah, Cak Percil hingga Lesti Billar. Adapun, Komandan Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran Budisatrio menambahkan, kampanye tersebut akan digelar terbuka untuk seluruh masyarakat tanpa dipungut biaya apa pun. 

Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas bersifat situasional di kedua lokasi kampanye.

Berikut rekayasa yang akan diterapkan di kawasan JIS pada Sabtu (10/2):

  • Kendaraan dari Jalan RE Martadinara khusus kendaraan penghuni pemukiman dan pengunjung JIS, kendaraan lurus ke Bintang Mas;
  • Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Polair belok kiri ke arah Jalan Enggano Raya;
  • Kendaraan sumbu tiga atau lebih dari arah Jalan Yos Sudarso ke Pluit diputar balikkan di pertigaan terminal dan kembali ke Yos Sudarso;
  • Kendaraan dari arah Tol Papanggo di pertigaan Papanggo khusus penghubung pemukiman dan pengunjung JIS;
  • Kendaraan di perempatan Bisma khusus penghuni pemukiman dan pengunjung JIS;
  • Kendaraan di perempatan Setivia khusus penghuni dan pengunjung JIS.

Kemudian rekayasa arus lalu lintas yang akan dilakukan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya di sekitar GBK:

  • Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi;
  • Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda;
  • Arus lalu lintas yang dari Bundaran Senayan menuju ke Jalan Pintu I Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi;
  • Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan ke Jalan Hang Tuah;
  • Arus lalu lintas dari Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar;
  • Arus lalu lintas arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Lapangan tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper