Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terungkap! Alasan Ahok Mundur dari Komut Pertamina Detik-detik Jelang Pilpres 2024

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan alasan dirinya mundur dari Komut Pertamina di detik-detik terakhir jelang Pilpres 2024.
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/11/2023)/Bisnis-Dany Saputra.
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (7/11/2023)/Bisnis-Dany Saputra.

Bisnis.com, JAKARTA - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengungkapkan alasannya mundur dari jabatan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) pada 2 Februari 2024 atau 12 hari jelang pencoblosan Pilpres 2024. Ahok secara terang-terangan mendukung paslon nomor 3 Ganjar dan Mahfud MD. 

"Sebenarnya niat mengundurkan diri dari jabatan Komut Pertamina sudah sejak lama saya pikirkan, tapi mengingat beberapa tugas yang harus diselesaikan. Makanya niat tersebut baru dapat dilakukan sekarang," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (2/2/2024). 

Tugas yang harus diselesaikan Ahok, antara lain terkait hal-hal yang harus dikoordinasikan seiring pergantian dewan direksi dan komisaris Pertamina yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir.

Seperti diketahui, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Rabu (31/1/2024) melakukan perubahan di pimpinan puncak PT Pertamina (Persero) melalui rapat umum pemegang saham (RUPS).

RUPS mengangkat dua direksi baru Pertamina, yaitu Wiko Migantoro sebagai wakil direktur utama dan Ahmad Siddik Badruddin sebagai direktur manajemen risiko. Keputusan tersebut tertuang dalam SK-25/MBU/01/2024 tentang Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina.

"Saya rasa waktu untuk koordinasi terkait pergantian dewan direksi dan komisaris Pertamina sudah cukup, maka sekarang adalah saat yang tepat untuk saya mengundurkan diri," tutur Ahok. 

Setelah mundur dari Pertamina, Ahok secara terbuka menyatakan dukungannya kepada pasangan Capres – Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

Pernyataan pengunduran diri Ahok menjadi pengumuman resmi mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk menghilangkan kebingungan atau misinformasi di kalangan Ahokers terkait berita-berita hoaks yang beredar mengenai arah politiknya pada Pilpres 2024.

"Intinya agar para Ahokers tidak bingung arah politik saya kemana. Dengan ikut kampanye dukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud, semua isu hoax bahwa saya dukung pasangan lain langsung setop," kata Ahok.

Kabar mengenai pengunduran dirinya dari jabatan Komut Pertamina juga disampaikan Ahok melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, @basukibtp, pada Jumat (2/2/2024) malam, sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam unggahan itu, Ahok yang memakai kemeja kotak berwarna biru-hitam, menunjukkan bukti tanda terima surat pengunduran dirinya di lembaran kertas berlogo Pertamina, yang ditujukan kepada Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero). 

Surat pengunduran dirinya telah diserahkan kepada Dewan Komisaris Pertamina dan Menteri BUMN, pada Jumat (2/2/2024). Hal itu sekaligus menjadi bukti resmi terkait kepastian kabar pengunduran dirinya.

Dia mengatakan unggahan ini merupakan bukti tanda terima Surat Pengunduran Diri sebagai Komisaris Utama PT. Pertamina (Persero) yang dia serahkan hari ini, 2 Februari 2024. 

"Dengan ini, saya menyatakan mendukung serta akan ikut mengkampanyekan pasangan calon presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Hal ini agar tidak ada lagi kebingungan terkait arah politik saya. Merdeka! Merdeka! Merdeka!," tegas Ahok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper