Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Respons Tom Lembong Soal Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi

Thomas Trikasih Lembong menyebut mundurnya Mahfud MD sebagai Menkopolhukam adalah fenomena memprihatinkan bagi negara.
Thomas Trikasih Lembong./JIBI-Dwi Prasetya
Thomas Trikasih Lembong./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - Co-Captain Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Thomas Trikasih Lembong menyebut mundurnya Mahfud MD sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan adalah fenomena memprihatinkan bagi negara.

Mahfud telah menyatakan mundur sebagai Menkopolhukam untuk menghindari konflik kepentingan dalam proses kontestasi Pilpres 2024. Ia juga telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini untuk menyampaikan surat pengunduran dirinya.

Namun demikian, belakangan ini muncul nama-nama lain yang diduga akan mengikuti jejak Mahfud MD. Sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono adalah dua menteri yang dirumorkan akan mundur.

“Jadi saya kira kabar-kabar kemarin mengenai menteri-menteri yang tidak nyaman dan berwacana untuk mundur itu memprihatinkan buat negara," kata Tom Lembong sapaan akrabnya di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Tom Lembong menegaskan bahwa mundurnya Mahfud bukan suatu kabar gembira. Ia juga merasa tidak tepat jika harus mengaitkannya dengan keuntungan elektoral. Apalagi jika nanti makin banyak menteri yang mundur dari kabinet Jokowi. 

"Saya kira kalau saya pribadi sih menilai itu kurang layak sih, ini sudah urusannya negara. Jadi kita sangat disiplin untuk tidak mengeksploitasi hal hal yang memprihatinkan sekadar demi manfaat elektoral,"ujarnya.

Sekadar informasi, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengumumkan mundur sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam).

Pengumuman itu dilakukan kawasan Danau Tirta Gangga, Seputih Banyak, Lampung Tengah pada Rabu (31/1/2024) siang.

"Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk presiden tentang masa depan politik saya," ujar Mahfud seperti yang disiarkan secara langsung kanal YouTube Mahfud MD Official.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini memamerkan surat pengunduran diri yang akan diserahkan secara resmi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat pengunduran diri tersebut akan dijadwalkan akan disampaikan ketika Mahfud dan Jokowi berada di Jakarta pada Kamis (1/2/2024) besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper