Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahfud Akan Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Jokowi Bilang Begini

Jokowi memastikan Kabinet Indonesia Maju (KIM) tetap solid meskipun Mahfud akan mundur dari kursi Menko Polhukam
Mahfud Akan Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Jokowi Bilang Begini /Biro Pers Sekretariat Presiden
Mahfud Akan Mundur dari Jabatan Menko Polhukam, Jokowi Bilang Begini /Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Kabinet Indonesia Maju (KIM) akan tetap solid meskipun Mahfud MD memilih mundur dari kursi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) .

Kepala Negara mengatakan bahwa saat ini dirinya masih belum mendapatkan laporan atau surat pengunduran diri dari yang bersangkutan. Meski begitu, Jokowi menghargai keputusan dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 03 itu.

“Itu  hak [Mahfud] dan saya sangat menghargai. [Namun] sampai detik ini saya belum mendapatkan laporan [surat resmi pengunduran diri],” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (31/1/2024).

Jokowi pun memastikan bahwa pemerintahan akan tetap berjalan terdapat menteri yang memilih untuk mengundurkan diri. Bahkan, dia meyakini hingga saat ini kabinet akan terus solid hingga akhir periodenya menjabat pada Oktober 2024 mendatang.

“[Kabinet Indonesia Maju masih] sangat solid,” pungkas Jokowi. 

Senada, Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin memastikan bahwa kinerja Kabinet Indonesia Maju (KIM) tidak terganggu meski Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md merealisasikan rencananya untuk mengundurkan diri.

Menurutnya, keputusan dari Mahfud merupakan hak yang harus dihargai sebagai warga negara yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres).

“Tentu pasti akan dijabat atau ditunjuk menteri yang definitif yang tahu persis persoalan yang terkait dengan polhukam. Oleh karena itu saya kira tidak akan terlalu mengganggu ya,” ujarnya dikutip melalui siaran Youtube Sekretariat Wapres, Minggu (28/1/2024).

Orang nomor dua di Indonesia itu pun mengaku senada dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan keleluasaan kepada setiap menteri di kabinet mereka apabila terjun dalam kontestasi politik lima tahun sekali itu.

Kendati begitu, dia mengatakan bahwa saat ini belum ada nama yang disiapkan untuk menjadi pengganti Mahfud. Apalagi, pemilihan pengganti Mahfud itu merupakan wewenang dari Jokowi sebagai Kepala Negara.

“Itu nanti hak prerogatif presiden, nanti Presiden akan mempertimbangkan apa memang perlu Menko baru atau sementara dijabat saja sampai akhir, itu hak prerogatif presiden yang menentukan,” pungkas Ma’ruf.

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD mengumumkan mundur sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (Menko Polhukam).

Pengumuman itu dilakukan kawasan Danau Tirta Gangga, Seputih Banyak, Lampung Tengah pada Rabu (31/1/2024) siang.

"Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk presiden tentang masa depan politik saya," ujar Mahfud seperti yang disiarkan secara langsung kanal YouTube Mahfud MD Official.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper