Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Mustajab

Ketika Anda ingin membujuk seseorang yang keras, berikut doa untuk meluluhkan hati seseorang. Salah satu upaya jalur langit yang tidak boleh dilewatkan.
Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Mustajab/Freepik
Doa Meluluhkan Hati Seseorang yang Mustajab/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Doa meluluhkan hati seseorang merupakan doa yang biasa diucapkan ketika kita ingin membuat orang menjadi lembut dan lunak hatinya.

Biasanya, doa meluluhkan hati seseorang ini dibaca ketika Anda menghadapi seseorang yang keras kepala, tidak mudah dibujuk, hingga membuat orang tersebut menyukai atau bahkan mencintai Anda.

Dalam suatu riwayat salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Ali bin Abi Thalib pernah mengatakan sebagai berikut: "Jika engkau sedang meluluhkan hati seseorang, maka luluhkanlah lewat doa"

Berikut kumpulan doa yang bisa Anda baca dan amalkan dengan harapan bisa meluluhkan hati seseorang.

Kumpulan Doa untuk Meluluhkan Hati seseorang yang bisa Anda amalkan

1. Doa meluluhkan hati seseorang dengan menyebutkan nama

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ
..(sebut nama orang dimaksud)..اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ
كَمَا سَخَّرْتَ فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ
فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

"Allahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa haula wa laa quwwata illaa bika. Allahumma sakhirli ... (sebut nama orang dimaksud, misal fulan bin fulan)... kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadika. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin."

Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Perkasa lagi Maha Besar, dan aku adalah hamba-Mu yang lemah dan hina, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Mu. Ya Allah tundukkan (sebut nama, misal fulan bin fulan) kepadaku sebagaimana Engkau tundukkan Firaun kepada Musa, dan lembutkan hatinya untukku sebagaimana Engkau melembutkan besi pada Daud. Karena dia tidak berbicara kecuali dengan izin-Mu, ubun-ubunnya ada di tangan-Mu, dan hatinya ada di tangan-Mu.

2. Doa meluluhkan hati seperti Nabi Daud

Selanjutnya doa meluluhkan hati seseorang seperti mukjizat Nabi Daud yang bisa melunakkan besi, sehingga mampu membuat baju besi untuk perang. Kisah Nabi Daud ini dimuat dalam Quran Surat Al-Anbiya ayat 80.

Berikut doa untuk meluluhkan hati seseorang seperti Nabi Daud:

اَللَّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاوُدَالْحَدِيْد

"Allahumma layyin li qalbahu, layyinta li Dawudal hadid"

Artinya: Ya Allah, lembutkanlah hatinya sebagaimana Engkau melembutkan Daud (terhadap) besi.

3. Doa meluluhkan hati oleh Nabi Sulaiman

Dalam Quran Surat An-Naml, dikisahkan Nabi Sulaiman mengirimkan surat kepada Ratu Bilqis supaya tunduk kepadanya dan beriman kepada Allah SWT. Isi Quran Surat An-Naml ayat 30-31 dapat dibaca dan diamalkan sebagai doa meluluhkan hati.

Quran Surat An-Naml ayat 30-31 menekankan tentang kekuatan membaca basmalah. Dengan membaca basmalah, kita berharap agar mampu meluluhkan hati seseorang. 

Berikut bacaan Quran Surat An-Naml ayat 30-31:

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ ۙ أَلَّا تَعْلُوا عَلَيَّ وَأْتُونِي مُسْلِمِينَ

"Innahụ min sulaimāna wa innahụ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm. allā ta'lụ 'alayya wa`tụnī muslimīn"

Artinya: Sesungguhnya surat ini dari seseorang bernama Sulaiman, dan sesungguhnya (isinya) dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Janganlah kalian sombong kepadaku, tapi datanglah kepadaku sebagai orang yang berserah diri.

4. Doa meluluhkan hati yang dipanjatkan Nabi Yusuf

Dikutip dari buku Sejuta Berkah dan Fadhilah 114 Surat Al-Quran (2016), membaca Surat Yusuf ayat 4 memiliki keutamaan dapat mendatangkan kecintaan dan kasih sayang. 

Berikut bacaan Surat Yusuf ayat 4:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

"Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn"

Artinya: (Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.

5. Doa meluluhkan hati oleh Nabi Musa

Semasa kecilnya, Nabi Musa memiliki kekurangan yaitu tidak fasih dan terbata-bata dalam berbicara karena Nabi Musa pernah memasukkan bara api ke mulut sehingga melukai lidahnya. 

Saat Nabi Musa diutus oleh Allah SWT untuk menemui Fir'aun, Nabi Musa berdoa supaya urusannya dimudahkan, lidahnya tidak mengalami kekakuan dan perkataannya mudah dipahami. 

Doa ini tertuang dalam Quran Surat At-Thoha ayat 25-28, sebagai berikut:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

"Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii."

Artinya: Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.

Doa Meluluhkan Hati agar Dicintai

Selain doa tersebut, ada juga doa meluluhkan hati seseorang agar dia mencintai Anda berikut ini

“Allahumma inni as aluka, bihaibati adhamatika, wabisatwati jalaalika antaj’ala mahabatii fii qalbi wa’an tulqil mawaddata wamahabata fii qalbihi wa aththofhu, alayya bi fadhlika yaa kariim.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, berkah wibawa keagungan-Mu dan amukan keluhuran-Mu, agar engkau jadikan kecintaan di dalam hati (sebut namanya bin nama ayahnya). Dan resapkanlah kecintaan dan kasih sayang terhadapku di dalam hatinya. Dan cenderungkan ia padaku lewat anugrah-Mu. Wahai zat yang maha mulia.

Doa untuk Melunakkan Hati agar Beribadah

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya, “Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya,”

Itulah kumpulan doa-doa untuk meluluhkan hati seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper