Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gegap Gempita Perayaan Tahun Baru 2024 dan Doa untuk Gaza

Masyarakat di sejumlah negara merayakan tahun baru 2024 dengan pesta kembang api, sementara warga di Gaza lebih sibuk mencari tempat berlindung, makanan & air.
Pentas kembang api di atas Sydney Harbour Bridge dan Gedung Opera Sydney saat perayaan Malam Tahun Baru di Sydney pada 1 Januari 2024./IZHAR KHAN-Getty Image.
Pentas kembang api di atas Sydney Harbour Bridge dan Gedung Opera Sydney saat perayaan Malam Tahun Baru di Sydney pada 1 Januari 2024./IZHAR KHAN-Getty Image.

Bisnis.com, JAKARTA – Warga Selandia Baru termasuk orang pertama di dunia yang merayakan datangnya tahun baru 2024 dengan pertunjukan kembang api di Aukland pada Senin (1/1/2024) waktu setempat.

Di belahan bumi lain, setidaknya 100 orang terbunuh di Gaza dalam 24 jam terakhir, ketika konflik yang telah berlangsung selama tiga bulan antara Israel dan Hamas memasuki tahun baru tanpa terlihat akan berakhir dalam waktu dekat.

Intensitas serangan di Gaza juga turut meningkatkan ketegangan di beberapa kota di seluruh dunia, termasuk Sydney, di mana lebih banyak polisi dikerahkan untuk mengawasi pertunjukan kembang api.

Di Vatikan, Paus Fransiskus merefleksikan tahun 2023 sebagai tahun yang penuh dengan kesulitan akibat perang.

Mengutip Reuters, Senin (1/1/2024), berikut cara beberapa tempat dan orang-orang di seluruh dunia mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru:

SYDNEY - Sydney menyambut tahun 2024 dengan pertunjukan kembang api mempesona yang menampilkan kembang api perak dan emas untuk menandai ulang tahun ke-50 Opera House yang terkenal.

GAZA - Masyarakat di Gaza memiliki sedikit harapan bahwa tahun 2024 akan memberikan banyak bantuan setelah 12 minggu berkecamuk perang Israel untuk melenyapkan Hamas.

Di Rafah, perbatasan Gaza dengan Mesir, orang-orang pada hari Minggu lebih sibuk mencari tempat berlindung, makanan dan air dibandingkan memikirkan Tahun Baru.

“Pada tahun 2024 saya ingin kembali ke reruntuhan rumah saya, mendirikan tenda dan tinggal di sana,” kata Abu Abdullah al-Agha, seorang pria paruh baya Palestina yang rumahnya di Khan Younis hancur dan kehilangan seorang keponakan laki-laki dan perempuan akibat serangan udara Israel.

RATU MARGRETHE - Ratu Margrethe II dari Denmark menggunakan pidato Tahun Baru tahunannya pada hari Minggu untuk mengumumkan bahwa dia akan turun tahta pada 14 Januari setelah 52 tahun bertakhta dan akan digantikan oleh putra sulungnya, Putra Mahkota Frederik.

VLADIMIR PUTIN - Presiden Rusia Vladimir Putin, yang akan menghadapi pemilu pada Maret 2024, dalam pidato Tahun Barunya pada hari Minggu, hanya menyebutkan sekilas tentang perangnya di Ukraina. Ia banyak memuji prajuritnya sebagai pahlawan namun menekankan persatuan dan tekad bersama.

XI JINPING - Presiden Tiongkok Xi Jinping, berbicara pada Minggu dalam pidato yang disiarkan televisi untuk memperingati Tahun Baru, mengatakan negaranya akan mengkonsolidasikan dan meningkatkan tren positif pemulihan ekonomi pada 2024, dan mempertahankan pembangunan ekonomi jangka panjang dengan reformasi yang lebih mendalam.

KIM JONG UN – Media pemerintah Korea Utara melaporakan pemerintah berjanji akan meluncurkan tiga satelit mata-mata baru, membuat drone militer, dan meningkatkan persenjataan nuklirnya pada 2024 ketika pemimpin Kim Jong Un mengatakan kebijakan AS membuat perang tidak bisa dihindari.

Kim Jong Un dan Presiden Tiongkok Xi Jinping berjanji untuk lebih mengembangkan hubungan kerja sama antara kedua negara dalam pesan Tahun Baru yang dipertukarkan pada Senin, lapor berita Yonhap Korea Selatan, mengutip radio pemerintah Korea Utara.

PAUS FRANCIS - Pada doa Minggunya di Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan: "Saya berharap semua orang mendapatkan akhir tahun yang damai, dan mohon jangan lupa mendoakan saya".

PRANCIS - Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidatonya di televisi menjelang perayaan Tahun Baru mengatakan tahun 2024 akan menjadi tahun kebanggaan Prancis yang ditandai dengan Olimpiade Musim Panas Paris 2024 dan pembukaan kembali katedral Notre-Dame setelah kebakaran dahsyat.

JERMAN - Polisi pada Minggu menahan tiga tersangka lagi dalam dugaan rencana kelompok Islam untuk menyerang Katedral Köln yang terkenal di Jerman pada Malam Tahun Baru.

“Para tersangka penyerang berencana menggunakan mobil untuk menyerang katedral Gotik berusia 800 tahun itu,” kata polisi di Cologne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper