Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peta Elektabilitas Pasca Debat, Akankah Pilpres Satu Putaran?

Pasca debat capres dan cawapres publik masih menunggu hasil survei elektabilitas yang dirilis oleh lembaga survei.
Lukman Nur Hakim, Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 26 Desember 2023 | 12:00
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengikuti Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Jakarta, Jumat (22/12/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat Cawapres yang membahas topik soal ekonomi, baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P
Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (kiri), Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengikuti Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Jakarta, Jumat (22/12/2023). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat Cawapres yang membahas topik soal ekonomi, baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan. JIBI/Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Debat calon wakil presiden (cawapres) putaran pertama telah berakhir dengan berbagai macam catatan. Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), tampil di luar ekspektasi.

Terlepas dari plus minusnya, dia berhasil membuktikan mampu berdebat dengan dua tokoh yang jauh lebih senior yakni Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Mahfud MD.

Gibran bahkan berhasil menjadi cawapres yang paling banyak menerima sentimen positif di sosial media X selama debat kedua Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil analisis Drone Emprit, sentimen positif Gibran pada debat cawapres itu mencapai 70%. Gibran juga mendapatkan sentimen negatif 23% dan sisanya sentimen netral 7% dari total sebutan di media sosial X mencapai 31.580 kali.

Sebaliknya, cawapres nomor urut 01, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin justru mendapatkan sentimen negatif terbanyak dalam performanya pada debat tersebut.

Mengacu data analisis yang sama, Cak Imin memperoleh sentimen negatif yang mencapai 41%, diikuti sentimen positif 48% dan sentimen netral 11% dari total sebutan 26.849 kali.

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo, Mahfud MD menjadi cawapres yang jarang disebut di X. Pasalnya, Mahfud hanya disebut di X sebanyak 11.385 kali. Perinciannya, sentimen positif 69%, sentimen negatif 16% dan netral sebanyak 15%.

Sebagai informasi, metodologi Ismail ini diambil dari beberapa keyword pada tiap-tiap cawapres. Misalnya, Muhaimin Iskandar dengan kata kunci, Cak Imin, Gus Imin, Gus Muhaimin, cakimiNOW, cawapres 01, cawapres nomor urut 01, dan cawapres no 01.

Selanjutnya, untuk Gibran diambil dari kata kunci Gibran, Walikota Solo, gibran tweet, cawapres 02, cawapres no 02, dan cawapres nomor urut 02. Sementara, Mahfud dengan kata kunci Mahfud MD, Mahfudmd, mohmahfudmd, prof mahfud, cawapres 03, cawapres no 03, hingga cawapres nomor urut 03.

Bagaimana dengan Elektabilitas?

Sampai saat ini belum banyak lembaga survei yang mempublikasikan hasil surveinya pasca debat cawapres. Adapun survei elektabilitas yang dirilis sebelum debat antara lain:

Versi Roy Morgan

Roy Morgan, Lembaga riset yang bermarkas di Australia, menempatkan calon presiden alias capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di peringkat teratas menggungguli Anies Baswedan dan Prabowo Subianto.

Namun demikian Roy Morgan melakukan survei pada Juli-September 2023 terhadap 2.630 pemilih Indonesia yang berusia di atas 17 tahun. Itu artinya survei dilakukan sebelum manuver keluarga Jokowi yang diawali dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Berdasarkan survei tersebut, Ganjar Pranowo meraih total suara 38%, naik 10% sejak kuartal Maret 2023. Dia mengungguli Prabowo Subianto dengan perolehan 30% (naik 13%) dan Anies sebesar 25% (naik 10%). Sementara itu, sekitar 7% partisipan menyatakan tidak memilih ketiganya.

Selain itu, survei ini juga menemukan bahwa Ganjar memimpin perolehan suara dengan kuat di Pulau Jawa, sementara Prabowo bersaing ketat dengan Ganjar di Pulau Sumatera.

Survei Litbang Kompas

Berdasarkan Survei Litbang Kompas, Senin (11/12/2023), elektabilitas paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di urutan teratas mengungguli pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskanadr dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Prabowo-Gibran berada di urutan pertama dengan perolehan suara 39,3 persen, Anies-Muhaimin berada di urutan kedua dengan suara 16,7 persen dan Ganjar-Mahfud dengan suara 15,3 persen.

Meskipun demikian, angka 39,3 persen belum memenuhi persentase keterpilihan guna memenangkan pasangan Prabowo-Gibran dalam satu putaran pada Pilpres 2024.

Untuk memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran, salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden harus mengantongi suara lebih dari 50 persen sesuai dengan Pasal 416 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 tentang Pemilu.

Survei juga menemukan bahwa pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden.

Survei LSI Denny JA

Hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Senin (11/12/2023), mengungkap bahwa elektabilitas pasangan capres dari tiga paslon di urutan pertama, Prabowo-Gibran 42,9 persen, Ganjar-Mahfud 24,9 persen, dan Anies-Muhaimin 24 persen.

Survei ini juga menemukan bahwa, Prabowo-Gibran memiliki tren kenaikan suara yang lebih tinggi dibanding pasangan lainnya.

Pada bulan September 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran berada di angka 39,3 persen. Capaian itu sempat menurun pada Oktober menjadi 36,8 persen, tetapi kembali meningkat di November menjadi 40,3 persen.

Berbeda justru dialami oleh pasangan Ganjar-Mahfud yang mengalami penurunan tren elektabilitas. Tren elektabilitas Ganjar-Mahfud 36,9 persen pada September turun menjadi 24,9 persen di akhir November.

Sementara itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mengalami kenaikan elektabilitas dari 15 persen pada September menjadi 17,2 persen pada Oktober.

Tren peningkatan itu masih terus berlanjut pada awal November menjadi 20,3 persen dan akhir November menjadi 24 persen.

 Survei LSI Denny JA dilakukan pada 20 November hingga 3 Desember 2023. Pengambilan sampel menggunakan metode Multistage Random Sampling. Responden sebanyak 1.200 responden.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner. Margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Survei Indikator Politik

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia memproyeksikan pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul telak apabila pemilihan presiden (Pilpres) 2024 diadakan saat ini. 

Simulasi yang dilakukan dalam rentang 23 November 2023 sampai dengan 1 Desember 2023 itu mencatat perolehan suara Prabowo-Gibran ke level 45,8%. Torehan itu lebih tinggi dari simulasi sebelumnya pada periode sigi 27 Oktober 2023 sampai dengan 1 November 2023, yang berada di angka 39,7%.

Di sisi lain, Burhanuddin mengatakan, perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD justru turun sekitar 5-6% ke level 25,6%, dari yang sebelumnya sempat berada di angka 30%. 

Sementara itu, perolehan suara pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar relatif stabil di kisaran 22,8%, turun tipis dari posisi survei bulan sebelumnya di level 24,4%.

Survei Poltracking Indonesia

Survei terbaru Poltracking Indonesia menunjukkan elektabilitas Prabowo -Gibran semakin meningkat meninggalkan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Dalam simulasi surat suara, Poltracking menanyakan ke responden siapa yang akan dipilih apabila pilpres dilaksanakan sekarang. Hasilnya, Prabowo-Gibran memperoleh 45,2% suara,  Ganjar-Mahfud 27,3% suara. Sementara, Anies-Imin berada di urutan ketiga dengan 23,1% suara. Sisanya, ada 4,4% yang tidak tahu atau tidak jawab.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR menjelaskan, jika dibandingkan dengan hasil survei pada November 2023 atau bulan lalu maka terlihat perbedaan tren elektabilitas antara ketiga paslon. 

Hasil survei Poltracking pada November 2023 menunjukkan Prabowo-Gibran memperoleh 40,2% suara (kini naik 5%), Ganjar-Mahfud 30,1% (kini turun 2,8%), Anies-Imin 24,4% (kini turun 1,3%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper