Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Nataru, Wapres Ma'ruf Minta Pemudik Utamakan Keselamatan

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengingatkan agar keselamatan berlalu lintas di jalan harus menjadi prioritas selama libur Natal dan Tahun Baru 2024.
Wapres Maruf Amin / Setwapres
Wapres Maruf Amin / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengingatkan agar keselamatan berlalu lintas di jalan harus senantiasa menjadi prioritas, khususnya menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Orang nomor dua di Indonesia itu menyebut bahwa saat Nataru antusiasme masyarakat menggunakan kendaraan untuk pulang kampung (mudik) dan berwisata ke berbagai daerah akan meningkat.

Sehingga, Wapres Ma'ruf Amin mengimbau kewaspadaan perlu ditingkatkan bagi masyarakat yang hendak bepergian.

"Seperti kita ketahui bahwa kalau Nataru atau Hari Raya Idul Fitri itu banyak orang mudik. Oleh karena itu, saya ingatkan supaya hati-hati di jalan, biasanya banyak terjadi kecelakaan, karena lelah dan ngantuk, [atau] ingin cepat-cepat sampai," ujar Wapres Ma'ruf Amin, dikutip melalui YouTube Sekretariat Wapres, Minggu (24/12/2023).

Selain terus berhati-hati dalam berkendara, Wapres ke-13 RI itu juga mengingatkan para pengendara untuk segera beristirahat di rest area terdekat apabila merasa lelah dan ngantuk.

"Saya ingatkan supaya jalan sewajarnya dan jangan sampai ngantuk. Kalau perlu istirahat dan di tempat istirahat, salat dulu ya jangan lupa, kan sekarang ada masjid, di semua rest area ada masjid," imbau Ma'ruf. 

Lebih jauh, Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu juga menekankan pentingnya mempersiapkan kendaraan dengan baik sebelum melakukan perjalanan. 

Dia menganjurkan supaya para pemudik tidak menggunakan kendaraan yang tak dalam kondisi prima, sebab selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan pemudik lain.

"Kalau pulang bawa mobil, harus dipastikan dulu mobilnya sehat, jangan sampai bannya gundul. Itu berbahaya sekali, kecepatan tinggi [tetapi] bannya gundul. Itu potensi kecelakaannya tinggi," pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper