Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Israel: Kami Tidak Akan Mengakhiri Perang Sampai Kami Menang

Israel dan Hamas secara resmi memulai gencatan senjata selama empat hari, sandera yang ditahan di Gaza akan dibebaskan dengan imbalan tahanan Palestina.
Seorang tentara Israel mengambil posisi selama operasi darat yang sedang berlangsung oleh tentara Israel melawan kelompok Islam Palestina Hamas, di lokasi yang disebut sebagai Gaza, dalam gambar yang dirilis pada 17 November 2023. Pasukan Pertahanan Israel/Handout via REUTERS
Seorang tentara Israel mengambil posisi selama operasi darat yang sedang berlangsung oleh tentara Israel melawan kelompok Islam Palestina Hamas, di lokasi yang disebut sebagai Gaza, dalam gambar yang dirilis pada 17 November 2023. Pasukan Pertahanan Israel/Handout via REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Israel dan Hamas secara resmi memulai gencatan senjata selama empat hari pada Jumat (24/11/2023), dengan sandera yang ditahan di Jalur Gaza akan dibebaskan pada hari itu dengan imbalan tahanan Palestina.

Ini adalah penangguhan hukuman besar pertama dalam tujuh minggu perang yang telah merenggut ribuan nyawa.

Melansir CNA, setelah perundingan yang berkepanjangan, jeda dimulai pada pukul 07.00 pagi waktu setempat membungkam senjata yang berkobar sejak serangan mematikan Hamas ke Israel pada 7 Oktober lalu.

Pada pukul 16.00 waktu setempat, kelompok pertama yang terdiri dari 13 sandera perempuan dan anak-anak yang ditahan di Gaza akan dibebaskan, menurut mediator Qatar, diikuti oleh sejumlah tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel yang jumlahnya tidak ditentukan.

Selama empat hari, setidaknya 50 sandera diperkirakan akan dibebaskan, sehingga sekitar 190 sandera berada di tangan kelompok militan Palestina. Pada periode yang sama, 150 tahanan Palestina diperkirakan akan dibebaskan. Bantuan tambahan juga akan mengalir ke Gaza.

Bagi dua juta lebih penduduk Gaza, kesepakatan ini merupakan jeda dari pemboman berkelanjutan Israel selama berminggu-minggu.

Pemerintah Hamas di wilayah tersebut mengatakan perang sejauh ini telah menewaskan sekitar 15.000 orang dan membuat banyak orang terpaksa mengungsi.

Jumlah pasti korban jiwa tidak dapat dipastikan secara independen, namun jelas bahwa bagi banyak keluarga Palestina dan Israel, penghentian kekerasan sudah terlambat.

“Yang hidup di sini adalah mereka yang mati,” kata Fida Zayed, warga Gaza yang putranya, Udai, berusia 20 tahun, tewas dalam serangan udara baru-baru ini.

Sandera

Pejabat Qatar mengatakan kelompok pertama dari 13 sandera yang dibebaskan adalah perempuan dan anak-anak dari keluarga yang sama.

Tim ahli trauma dan petugas medis Israel menunggu mereka – bersama dengan tentara terlatih khusus yang, menurut pedoman, akan berjanji untuk menjaga mereka tetap aman dan akan membawa makanan favorit anak-anak, pizza atau ayam schnitzel.

Sumber keamanan Mesir mengatakan bahwa pejabat keamanan Israel, staf Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah dan tim Mesir akan dikerahkan ke Rafah, di perbatasan Mesir-Gaza, untuk menerima para sandera, yang kemudian akan diterbangkan ke Israel.

Sebanyak 210 dari sekitar 240 orang yang diculik selama serangan lintas batas oleh Hamas terhadap pos militer, komunitas, dan festival musik gurun, telah terindentifikasi. Setidaknya 35 dari mereka yang disandera adalah anak-anak, dengan 18 di antaranya berusia 10 tahun ke bawah pada saat serangan Hamas terjadi.

Israel mengatakan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, tewas dalam serangan 7 Oktober itu. Hanya sedikit yang diketahui publik mengenai sandera mana yang masih hidup, atau dalam kondisi apa sandera tersebut disandera.

“Mengingat sifat biadab dari serangan dan penahanan tersebut, kami hanya dapat bersiap untuk skenario terburuk,” kata Moty Cristal, pensiunan pejabat militer Israel yang berpengalaman dalam negosiasi penyanderaan.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pihaknya telah menerima "daftar nama pertama" orang-orang yang akan dibebaskan dan telah melakukan kontak dengan keluarga mereka. Namun tidak disebutkan siapa saja yang ada dalam daftar tersebut.

“Kami sudah berada dalam roller coaster emosional selama 47 hari dan hari ini pun demikian,” kata Eyal Kalderon, sepupu Ofer Kalderon, salah satu tawanan di Gaza.

Ketika ditanya apakah dia memperkirakan balita Amerika Serikat (AS) yang diculik, Abigail Mor Idan, akan menjadi sandera gelombang pertama yang akan dibebaskan, Presiden AS Joe Biden mengatakan: "Saya tetap berharap."

Setidaknya 35 dari mereka yang disandera adalah anak-anak, dengan 18 di antaranya berusia 10 tahun ke bawah pada saat serangan Hamas terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper