Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Janji Manis Prabowo-Gibran Jika Menang Pilpres 2024: Gaji PNS Naik, Guyur BLT

Pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming (Prabowo-Gibran) memberikan janji manis di Pilpres 2024, yaitu gaji PNS dan ASN bakal naik.
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka tiba di Rumah Sakit Pusat Angkata Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bakal calon presiden Prabowo Subianto (kiri) dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka tiba di Rumah Sakit Pusat Angkata Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (26/10/2023). JIBI/Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA -- Bakal pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka atau Prabowo-Gibran berjanji akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) jika memengkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Sebelumnya, tim pemenangan pasangan Prabowo-Gibran menerbitkan Visi, Misi, dan Program kepemimpinan pada 2024-2029, sebagai syarat mengikuti Pilpres 2024

Dokumen tersebut terdiri dari Visi Bersama Indonesia Menuju Indonesia Emas 2045, Delapan Misi Asta Cita, 17 Program Prioritas, dan Delapan Program Hasil Terbaik Cepat.  

Prabowo dan Gibran menyampaikan bahwa visi, misi, dan program tersebut berangkat dari cita-cita Undang-undang (UUD) 1945 dan menuju Indonesia Emas 2045, yang harus diwujudkan di tengah ketidakpastian ekonomi global, geopolitik, dan krisis perubahan iklim. 

Adapun, Prabowo-Gibran di antaranya merilis delapan Program Hasil Terbaik Cepat (PHTC) sebagai fondasi dari Indonesia Emas 2045. Program-program tersebut ditargetkan terwujud dalam lima tahun pertama kepemimpinan presiden dan wakil presiden. 

"Dalam lima tahun, fondasi Indonesia Emas 2045 harus diwujudkan dengan delapan Program Hasil Terbaik Cepat yang dikawal langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden," demikian bunyi dari Visi, Misi, dan Program Prabowo-Gibran, dikutip Minggu (29/10/2023). 

Berikut 8 Program Hasil Terbaik Cepat yang diusung oleh Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

1. Memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil

Berangkat dari permasalahan stunting, Prabowo-Gibran menargetkan pemberian makan siang harian kepada siswa prasekolah, SD, SMP, SMA dan pesantren, serta bantuan gizi kepada ibu hamil dan balita. Program itu menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100 persen pada 2029. 

2. Menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis, menurunkan TBC 50% dalam lima tahun dan bangun RS lengkap berkualitas di kabupaten

Program tersebut menyasar kepada pemeriksaan kesehatan untuk tekanan darah, kadar gula darah, dan rontgen paru. Kemudian, Prabowo-Gibran menargetkan kasus TBC bisa dikurangi 50% pada 2029. 

Di sisi lain, keduanya juga menargetkan pembangunan rumah sakit berkualitas di seluruh kabupaten dengan dukungan dan insentif bagi dokter ahli yang akan bertugas di sana. 

3. Mencetak dan meningkatkan produktivitas lahan pertanian dengan lumbung pangan desa, daerah, dan nasional

Swasembada pangan merupakan salah satu poin penting dari Delapa Misi Asta Cita Prabowo-Gibran. Poin tersebut ditargetkan terwujud dalam lima tahun dengan intensifikasi dan ekstensifikasi lahan di seluruh daerah. Targetnya, terdapat minimal tambahan 4 juta hektare (ha) luas panen tanaman pangan tercapai di 2029. 

4. Membangun sekolah-sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten dan memperbaiki sekolah-sekolah yang perlu renovasi

Keduanya menargetkan pembangunan sekolah unggulan di setiap kabupaten, dengan mengikuti model sekolah unggulan tanpa asrama dan asrama, serta terintegrasi dari SD hingga SMA. Perbaikan sekolah-sekolah yang saat ini dalam kondisi kurang dan tidak layak juga dilakukan.

5. Melanjutkan dan menambahkan program-program kartu-kartu kesejahteraan sosial serta kartu usaha untuk menghilangkan kemiskinan absolut

Prabowo-Gibran menyatakan bakal melanjutkan berbagai program kesejahteraan sosial yang sudah ada saat ini dan menambahkan Kartu Anak Sehat. Apabila terpilih, keduanya juga menyatakan bakal mendorong, memperluas, dan memperbanyak berbagai program kredit usaha di berbagai sektor, termasuk kredit untuk startup dan milenial. 

6. Menaikkan gaji ASN (terutama guru, dosen, dan tenaga kesehatan), TNI/Polri, dan pejabat negara  

Penaikan gaji ASN, TNI/Polri, dan pejabat negara itu diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada publik yang lebih. Kebijakan penggajian akan diarahkan pada upah minimum provinsi (UMP) dengan rentang gaji tertinggi mengacu pada jabatan profesional, sesuai dengan kemampuan negara. 

7. Melanjutkan pembangunan infrastruktur desa, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan menyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan

Poin PHTC Prabowo-Gibran ini juga sejalan dengan salah satu poin Delapan Misi Asta Cita, di mana pembangunan dilakukan dari desa. Targetnya, pembangunan atau renovasi dilakukan terhadap 40 rumah per desa/kelurahan per tahun dengan total nasional mencapai 3 juta rumah mulai pada tahun kedua. 

8. Mendirikan Badan Penerimaan Negara dan meningkatkan rasio penerimaan negara terhadap produk domestik bruto (PDB) 23%

Prabowo dan Gibran menargtekan peningkatan penerimaan negara terhadap PDB mencapai 23 persen dengan di antaranya mendirikan Badan Penerimaan Negara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper