Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Elite PDIP Sebut Gibran Janji Loyal ke Megawati

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sudah pernah menyatakan janji loyalitas ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka/ Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Eriko Sotarduga menyebutkan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sudah pernah menyatakan janji loyalitas ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Menurut Eriko, janji loyalitas itu dinyatakan Gibran dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-III PDIP pada Juni 2023. Pada kesempatan itu, lanjutnya, Megawati memastikan langsung kesetiaan Gibran.

"Mas Gibran menyampaikan sendiri didalam Rakernas ke-III PDIP, begitu juga dalam pertemuan-pertemuan ditanya langsung oleh Ibu Ketum [Megawati], 'Bagaimana sikapnya?' 'Saya loyal, saya manut, saya ikut perintah Ibu Ketum,' Boleh ditanyakan kepada Mas Gibran," jelas Eriko di Media Center Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Dia pun meminta awak media menanyakan langsung kebenaran janji loyalitas itu ke Gibran. Dengan begitu, lanjutnya, berbagai isu yang berkembang belakangan akan terjawab dengan sendirinya.

"Supaya nanti Mas Gibran bisa menjelaskan kepada seluruh kita, sehingga kita dapat memahami apa yang dipikirkan Mas Gibran," ujarnya.

Eriko tidak menampik Gibran masih mungkin maju menjadi peserta Pilpres 2024, usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 90/PUU-XXI/2023. Oleh sebab itu, dia akan menyerahkan ke wali kota Solo itu sampai mana loyalitasnya.

"Kita juga harus jujur, jangan juga kita munafik bahwa ini [putusan MK] bukan kesempatan. Ini kesempatan yang luar biasa, nah kembali kepada pribadi Mas Gibran, monggo [silakan]," ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam amar putusan perkara nomor 90/PUU-XXI/2023 itu, MK menyatakan syarat usia minimal capres-cawapres dalam Pasal 169 huruf q UU No. 7/2017 yang sebutkan, "Berusia paling rendah 40 (empat puluh) tahun," bertentangan dengan UUD 1945.

Norma itu dinyatakan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang tidak dimaknai dan diganti menjadi, "Berusia paling rendah 40 (empat puluh) tahun atau pernah/sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum termasuk pemilihan kepala daerah."

Artinya, Gibran yang masih berusia 36 tahun namun sudah menjadi wali kota Solo bisa maju sebagai peserta Pilpres 2024. Sementara itu, sejumlah elite Partai Gerindra sudah mengakui Gibran merupakan salah satu kandidat cawapres Prabowo Subianto paling penting.

Selain itu, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono memberi kode putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, akan bergabung ke Partai Golkar. Apalagi, dia dengar cawapres pendamping Prabowo Subianto akan berasal dari Partai Golkar.

Agung menyatakan, jikapun cawapres Prabowo bukan kader Golkar maka dia akan 'di-Golkar-kan' terlebih dahulu. Menurutnya, peng-Golkar-an itu tidak berarti langsung menjadi kader partai melainkan bisa bergabung terlebih dahulu ke organisasi sayap seperti Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Golkar sendiri bersama Gerindra, PAN, Demokrat, PBB, Garuda, dan Gelora tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mendukung pencapresan Prabowo di Pilpres 2024. Saat ini, mereka sedang mencari cawapres pendamping Prabowo.

"Saya mendengar ada komitmen bahwa slot untuk cawapres KIM dari Partai Golkar. Kalaupun bukan dari Golkar, akan 'di-Golkar-kan' dulu, bisa melalui AMPI atau ormas hasta karya lainnya," ungkap Agung dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper