Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral, Rabi hingga Sipil Yahudi Dukung Palestina: Kami Yahudi Bukan Zionis!

Viral di media sosial beberapa orang Yahudi turut protes dengan apa yang dilakukan sesama kaumnya kepada Palestina.
Ilustras-Aksi protes di Israel/Reuters
Ilustras-Aksi protes di Israel/Reuters

Bisnis.com, SOLO - Viral di media sosial beberapa orang dengan atribut Yahudi turut protes dengan apa yang dilakukan sesama kaumnya kepada Palestina.

Di tengah kota Yerusalem, mereka membawa bendera Palestina dan berteriak kepada Yahudi lain yang menenteng bendera Israel tentang kepedulian mereka terhadap warga Palestina.

Dalam cuitan yang diunggah akun Twitter @TorahJudaisme, sekelompok Yahudi tersebut mengatakan ingin hidup damai bersama sahabat mereka, kaum muslim, di tanah Yerusalem seperti semula.

Sebab sebelum Zionis datang, menurut mereka, kaum Yahudi dan Muslim sudah lama berdampingan tanpa adanya perselisihan yang menyebabkan perang di antara mereka.

"Kami, sebagai orang Yahudi, telah hidup damai di sini bersama umat Islam selama berabad-abad. Kami adalah orang Yahudi yang menentang Zionisme dan Israel. Kami bukan Zionis, kami hanyalah Yahudi," teriak mereka.

Bukan hanya warga sipil Israel, viral pula video seorang Rabi, pemimpin agama Yahudi, yang mengatakan dukungannya kepada Palestina.

Dengan atribut khas Yahudi, Rabi tersebut mengatakan bahwa kaumnya pernah hidup damai berdampingan dengn umat Islam.

Akan tetapi, semua damai berubah menjadi malapetaka setelah zionis datang dan ingin mendirikan Yahudi merdeka seperti klaim yang dielu-elukan selama ini.

"Kami bersama pemerintah Palestina dan rakyat Palestina. Sebelum pendudukan Palestina oleh Zionis, umat Yahudi hidup damai dan harmonis dengan umat Islam. Harapan kami adalah berdirinya kembali negara Palestina," katanya.

Beda Yahudi dan Zionis

Memang ada sedikit definisi yang tumpang tindih antara Yahudi dan Zionis. Yahudi sendiri merupakan nama kaum, yang sudah ada bahkan sebelum "negara" Israel berbiri.

Layaknya umat Kristen, umat Yahudi diklaim masih serumpun dengan Islam. Ketiganya merupakan agama Samawi.

Sementara zionis sendiri bisa diartikan sebagai gerakan untuk menciptakan kembali kehadiran Yahudi sebagai negara merdeka. Zionis berasal dari ‘Zion’ yang merupakan istilah Ibrani dan mengacu pada Yerusalem.

Berikut adalah video sipil Yahudi membela Palestina:

Sementara ini adalah video Rabi yang mengatakan ingin Yahudi hidup berdampingan secara damai kembali bersama umat Islam:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper