Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertahanan Udara Ukraina Lumpuhkan 24 Drone Rusia

Pertahanan udara Ukraina berhasil menjatuhkan 24 dari 29 drone Rusia yang diluncurkan dalam serangan di wilayahnya semalam.
Seorang pria mengendarai sepeda melewati tugu peringatan anggota militer Rusia yang tewas dalam konflik Rusia-Ukraina, di Yevpatoriya, Krimea 4 Oktober 2023. REUTERS/Alexey Pavlishak
Seorang pria mengendarai sepeda melewati tugu peringatan anggota militer Rusia yang tewas dalam konflik Rusia-Ukraina, di Yevpatoriya, Krimea 4 Oktober 2023. REUTERS/Alexey Pavlishak

Bisnis.com, JAKARTA - Pertahanan udara Ukraina berhasil menjatuhkan 24 dari 29 drone Rusia yang diluncurkan dalam serangan di wilayahnya semalam, kata staf umum angkatan bersenjata Ukraina pada Kamis (5/10/2023), namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Melansir Reuters, pasukan Ukraina mengalami kemajuan dalam pergerakan mereka ke arah Selatan sebagai bagian dari serangan balasan yang melelahkan untuk merebut kembali wilayah yang direbut Rusia dalam invasi selama 19 bulan terhadap negara tetangganya, kata para pejabat militer.

Para pejabat Ukraina juga mengatakan pasukan Kyiv menentang upaya Rusia untuk membalikkan kemajuan di front Timur yang dibuat oleh Kyiv sejak mereka melancarkan serangan balasan pada bulan Juni.

Adapun, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan keberhasilan pasukannya di front Timur. Reuters tidak dapat memverifikasi laporan medan perang.

Sementara, kelompok pasukan Ukraina di bagian Selatan menguraikan kemajuan ketika Kyiv terus bergerak maju menuju Laut Azov untuk membagi wilayah yang diduduki Rusia di Selatan dan Timur.

“Kami telah mencapai sebagian keberhasilan di sebelah Barat Robotyne,” ujar Juru Bicara kelompok di Selatan, Oleksandr Shtupun kepada televisi nasional sambil mencatat bahwa pasukan Ukraina “terus memperkuat posisi yang mereka pegang”.

“Di daerah tertentu, kami maju dari 100 hingga 600 meter.”

Pergerakan ke arah Selatan lebih lambat dibandingkan tahun lalu di Timur Laut, namun pasukan Ukraina telah merebut sejumlah desa, dan para pejabat mengatakan mereka mempersiapkan diri di sekitar Robotyne dan desa-desa lain untuk melakukan serangan baru.

Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina, dalam laporan malamnya, menyebut bahwa pasukannya telah memukul mundur serangan Rusia di dekat Robotyne dan di Verbove.

Di sisi lain, Presiden Volodymyr Zelensky menepis kritik bahwa serangan balasan tidak membuahkan hasil yang diharapkan dan menolak anggapan bahwa serangan tersebut terhambat oleh kesalahan strategis.

Laporan Staf Umum juga mengatakan pasukan Rusia tidak berhasil dalam upaya merebut kembali wilayah dekat Andriivka – sebuah desa di Timur yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina bulan lalu.

Gerakan pasukan Ukraina di Timur fokus pada perebutan desa-desa untuk memfasilitasi perebutan kembali Kota Bakhmut yang hancur, yang direbut oleh pasukan Rusia pada Mei setelah pertempuran berbulan-bulan.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Moskow telah menyerang posisi Ukraina di dekat Andriivka dan desa terdekat.

Pihaknya juga mengatakan telah menjatuhkan 31 drone yang diluncurkan oleh Kyiv semalam di tiga wilayah selatan Rusia, namun melaporkan tidak ada korban jiwa atau kerusakan.

Sumber keamanan Ukraina sebelumnya mengatakan pasukan Kyiv telah melakukan serangan pesawat tak berawak di wilayah Belgorod di Rusia barat dan mengenai kompleks pertahanan udara S-400 dan radarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper