Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Pejabat Militer Korea Utara yang Dampingi Kim Jong-un Berkunjung ke Rusia

Sejumlah pejabat tinggi Korea Utara mendampingi Kim Jong-un dalam lawatannya ke Rusia.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninggalkan Pyongyang, Korea Utara, untuk mengunjungi Rusia, 10 September 2023, dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara pada 12 September 2023. KCNA melalui REUTERS
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un meninggalkan Pyongyang, Korea Utara, untuk mengunjungi Rusia, 10 September 2023, dalam gambar yang dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara pada 12 September 2023. KCNA melalui REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - Para komandan militer, pejabat industri senjata, dan diplomat mendampingi pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam perjalanan menuju Rusia.

Kim Jong-un sedianya akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kedua pemimpin negara diperkirakan akan membahas isu strategis, termasuk soal pertahanan.

Pihak Korea Utara tidak menyebutkan nama anggota delegasi tersebut, tetapi para analis mengidentifikasi beberapa tokoh penting yang tampak mendampingi Kim Jong-un dalam foto yang dirilis oleh media pemerintah pada Selasa (12/9/2023). 

Kepala Pertahanan Korea Utara

Wakil Ketua Komisi Militer Pusat Partai Pekerja yang berkuasa dan panglima angkatan darat, pangkat militer tertinggi negara itu, RI Pyong Chol terlihat melambai bersama Kim di atas kereta lapis baja.

Melansir Reuters, RI Pyong Chol pernah melakukan perjalanan ke Rusia bersama mendiang ayah Kim, Kim Jong Il, pada 2011 dengan tujuan mengawasi industri pertahanan Korea Utara termasuk program nuklir dan rudalnya. 

Delegasi lainnya yaitu Ketua kepemimpinan politik militer partai yang baru Marsekal Pak Jong Chon; Sekretaris partai dan ketua komite ilmu pengetahuan dan teknologi antariksa nasional yang terlibat dalam program satelit mata-mata Pak Thae Song; dan Direktur Departemen Industri Amunisi Jo Chun Ryong yang membantu Kim selama kunjungannya baru-baru ini ke pabrik amunisi dan pabrik rudal. 

Selain itu, pakar kepemimpinan Korea Utara di Stimson Center yang berbasis di Washington Michael Madden mengatakan para anggota menyarankan Kim Jong-un dan Putin akan fokus pada kerja sama pertahanan dan keamanan, termasuk kemungkinan kesepakatan pembelian amunisi yang dipimpin oleh Jo Chun Ryong. 

Madden mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Kang Sun Nam kemungkinan juga sedang melakukan perjalanan ke Rusia, meski wajahnya tidak teridentifikasi dengan jelas di foto-foto tersebut.

Menlu Korut

Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui juga berjabat tangan dengan pejabat lain di jalur penerimaan Rusia di stasiun kereta.

Choe sebagai negosiator nuklir dan diplomat berpengalaman, berperan penting dalam pertemuan puncak Kim Jong-un dengan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dan dipromosikan ke posisi saat ini tahun lalu setelah penurunan jabatan singkat menyusul kegagalan pertemuan puncak pada 2019 di Vietnam.

Adik perempuan Kim Jong-un yang berkuasa dan pejabat senior partai Kim Yo-jong, terlihat berdiri di samping kereta, meskipun tidak jelas dia menaikinya atau tidak. Dia telah memainkan peran penting dalam mendukung pertemuan puncak kakaknya di masa lalu.

Pejabat Ekonomi

Beberapa pejabat yang menangani urusan ekonomi tampaknya mendampingi Kim Jong-un sehingga meningkatkan kemungkinan bahwa dia dan Putin akan membahas kerja sama ekonomi dan bantuan pangan.

Pejabat itu termasuk Sekretaris Partai dan Direktur departemen ekonomi O Su Yong; Wakil Perdana Menteri kabinet yang bertanggung jawab atas pembangunan Pak Hun; dan Kepala departemen industri ringan partai Han Kwang Sang. 

Seorang pejabat di Kementerian Unifikasi Seoul yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea mengatakan Kim Jong-un dan Putin dapat mencari cara untuk mengembalikan pekerja Korea Utara ke Rusia, yang dilarang berdasarkan sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper