Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Kirim Bantuan Senjata Uranium ke Ukraina, Rusia Murka

Rusia marah dengan manuver Amerika Serikat (AS) yang mengirim senata uranium ke Ukraina. Ternyata ini alasannya.
AS akan kirim Ukraina senjata uranium yang bisa menembus rompi lapis baja./Wikipeda
AS akan kirim Ukraina senjata uranium yang bisa menembus rompi lapis baja./Wikipeda

Bisnis.com, SOLO - Rusia marah dengan manuver Amerika Serikat (AS) yang akan mengirim senjata uranium ke Ukraina. Kremlin bahkan menjuluki Washington telah melakukan tindakan kriminal.

Dilansir dari Livemint, keputusan AS untuk memasok senjata uranium ke Ukraina tidak hanya membuat marah Rusia tetapi juga meningkatkan kekhawatiran mengenai dampak keselamatan dan lingkungan di wilayah tersebut. 

Seperti diketahui, Pentagon, departemen pertahanan AS, mengumumkan paket bantuan keamanan baru senilai hingga $175 juta untuk Ukraina.

Paket ini mencakup amunisi depleted uranium yang khusus ditujukan untuk tank Abrams AS. Depleted uranium adalah bahan padat yang dihasilkan sebagai produk sampingan dari pengayaan uranium.

Ini digunakan dalam amunisi karena kepadatannya memungkinkan peluru menembus baju besi tebal dengan mudah.

Namun, ada risiko kesehatan yang signifikan terkait dengan debu yang dihasilkan ketika amunisi uranium yang sudah habis digunakan, termasuk potensi kanker dan cacat lahir.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengecam keras keputusan AS tersebut dan menyebutnya sebagai “tindakan kriminal.” 

Dia menyatakan keprihatinan mendalam atas pengabaian pemerintah AS terhadap dampak lingkungan dari penggunaan amunisi tersebut di zona pertempuran. 

Berbicara di sebuah seminar keamanan, Ryabkov juga menyuarakan kekhawatiran sebelumnya tentang risiko perang nuklir akibat “tekanan” Barat terhadap Moskow. 

Dia memeringatkan bahwa rencana ini dapat membuat situasi menjadi semakin dekat dengan konflik bersenjata antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir.

Rusia telah lama menuduh negara-negara Barat menggunakan Ukraina sebagai medan perang proksi untuk melemahkan Moskow secara strategis. 

Di sisi lain, Amerika Serikat dan sekutunya berpendapat bahwa dukungan mereka terhadap Ukraina ditujukan untuk membantu negara tersebut mempertahankan diri dari invasi Rusia dan memulihkan wilayah yang direbut Moskow selama konflik yang telah berlangsung selama 18 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper