Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tembaki Brimob, Markas KKB Ternyata di Belakang Kantor Bupati Yahukimo

Markas KKB di belakang Kantor Bupati Yahukimo digerebek aparat gabungan TNI Polri.
Petugas menurunkan kantong jenazah korban pembantaian oleh KKB dari pesawat Rimbun Air PK-OTJ untuk dibawa ke mobil ambulans di Bandara Mozes Kilangin Timika, Senin (7/3/2022).
Petugas menurunkan kantong jenazah korban pembantaian oleh KKB dari pesawat Rimbun Air PK-OTJ untuk dibawa ke mobil ambulans di Bandara Mozes Kilangin Timika, Senin (7/3/2022).

Bisnis.com, JAKARTA -- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menembaki Pos Brimob Polda Papua BKO Polres Yahukimo di Jalan Paradiso Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menuturkan penembakan itu terjadi pada hari Senin (31/7/2023) sekira pukul 23.40 WIT terhadap Pos Brimob BKO Polres Yahukimo.

“Menurut laporan yang diterima melalui HT (Handy Talkie), penyerangan ini dilakukan dengan menggunakan Senjata Api dari arah samping kiri Pos Brimob tersebut,” ucap Kabid Humas. 

Lebih lanjut, Kabid Humas mengatakan setelah menerima laporan tersebut, Personel Gabungan Polres Yahukimo bekerja sama dengan Satgas Damai Cantenz langsung melakukan backup dan merespons laporan tersebut.

“Personel gabungan dengan cepat dapat mengendalikan situasi di sekitar lokasi,” tuturnya.

Kombes Benny mengungkapkan, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Ia juga mengatakan bahwa pasca kejadian situasi di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo aman dan kondusif.

“Kejadian ini diduga dilakukan oleh KKB wilayah Yahukimo, Personel Gabungan terus melakukan kegiatan patroli di seputaran Kota Dekai,” pungkas Kabid Humas Polda Papua.

Gerebek Markas KKB

Sementara itu, aparat gabungan TNI-POLRI, Ops Damai Cartenz-2023, Satgas Aman Nusa I dan Kompi 3 Yon D Brimob Polda Papua bersama Polres Yahukimo menggerebek markas KKB Kodap XVI Yahukimo, pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo. Menariknya markas KKB yang digerebek berada di belakang Kantor Bupati Yahukimo.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan bahwa penggerebekan dan penindakan terhadap Markas KKB Yahukimo di Belakang Kantor Bupati Yahukimo dilakukan pada hari Selasa (1/8/2023).

“Penindakan ini dilakukan meyikapi gangguan tembakan yang dilakukan oleh KKB Pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo pada hari senin tanggal 31 Juli 2023 kemarin, yang mana KKB telah melakukan  penembakan kearah Pos Brimob Paradiso”, Kata Ka Ops Damai Cartenz.

Lanjutnya, setelah dilakukan penyisiran tepatnya di Pasar Lama, aparat gabungan TNI-POlRI mengamankan 1 orang Inisial “A.S” yang diduga merupakan salah satu pasukan dari KKB pimpinan Kopi Tua Heluka.

Kombes Faizal menambahkan hasil interogasi terhadap 1 anggota KKB pihaknya memperoleh informasi bahwa Markas KKB Yahukimo Pimpinan Kopi Tua Heluka berada di belakang kantor Bupati Yahukimo. Informasi itu segera ditindaklanjuri aparat gabungan TNI-POLRI langsung dengan melakukan penggerebekan terhadap markas KKB.

“Saat penggerebekan, terjadi perlawanan dari KKB sehingga kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-POLRI tidak hindarkan. Akibat dari kontak tembak tersebut, 2 anggota KKB berhasil dilumpuhkan dan meninggal dunia ditempat sedangkan satu  anggota Satgas Aman Nusa I Bharatu Jogianus Rickp terkena luka tembak pada paha kiri dan telah di evakuasi di RSUD Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perwatan medis. Untuk kondisinya dalam keadaan sadar”, tutur Ka Ops Damai Cartenz.

Adapun barang bukti yang berhasil dimanakan oleh aparat gabungan TNI-POLRI dari TKP Pertama tepatnya di pasar lama yaitu, 1 buah noken warna putih serta 1 buah HP dan  1 cas HP juga 1 buah Spiker.

Sedangkan barang bukti yang diamankan oleh aparat gabungan TNI-POLRI dari TKP ke dua tepatnya di Markas KKB pimpinan Kopi Tua Heluka, belakang kantor Bupati Yahukimo antara lain 5 pucuk senjata api panjang rakitan, 1 pucuk senjata api pendek rakitan, 4 butir amunisi, 3 butir amunisi call 5,56 mm, 1 butir amunisi call 7,62 mm, hingga 4 buah busur panah.

“1 anggota KKB inisial “A.S” dan sejumlah barang bukti, telah di amankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut” Tutup Ka Ops Damai Cartenz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper